Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Genetika dan Hereditas - Modul IPA 1 KB 2

Genetika dan Hereditas

Selamat datang di jalurpgg.id - Genetika dan Hereditas - Modul IPA 1 KB 2 Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada Kegiatan belajar dua, Anda akan mempelajari mengenai genetika dan hereditas. Materi ini berkaitan dengan materi pada kegiatan pertama dengan struktur dan fungsi dari inti sel. Inti sel merupakan komponen penting dalam genetika dan hereditas karena di dalamnya terdapat materi inti yaitu kromosom sebagai komponen untuk meneruskan materi genetik untuk keberlangsungan mahluk hidup. Selain itu, pengetahuan mengenai kromosom ini penting untuk pemuliaan organisme baik hewan atau tumbuhan untuk kemaslahatan umat manusia.


Genetika dan Hereditas

Capaian Pembelajaran

1. Menjelaskan penerapan teknologi pada reproduksi tumbuhan atau hewan
2. Menjelaskan penerapan konsep pewarisan sifat-sifat yang tidak sama atau menyimpang dari kedua orang tua/induknya (akibat peristiwa pautan /pindah silang/gagal berpisah/ gen lethal) untuk pemuliaan Keturunan
3. Menganalisis pemuliaan keturunan melalui silsilah keturunan/pedegree

Sub Capaian Pembelajaran

1. Menjelaskan jenis-jenis teknologi pada reproduksi tumbuhan dan hewan.
2. Menganalisis dampak dari konsep pewarisan sifat-sifat yang tidak sama atau menyimpang dari kedua orang tua/induknya (akibat peristiwa pautan /pindah silang/gagal berpisah/ gen lethal) dalam pemuliaan keturunan.
3. Menerapkan sistem pedigree dalam pemuliaan keturunan.

Pokok-pokok Materi

1. Teknologi Reproduksi Pada Tumbuhan dan Hewan
2. Hereditas dan Persilangan
3. Pemuliaan Mahluk Hidup Dengan Seleksi Pedigree

Materi

Terdapat banyak teknologi reproduksi yang dapat digunakan pada hewan dan tumbuhan, untuk memperdalam kajian tersebut mari kita simak materi-materi berikut:



Demikianlah informasi tentang Genetika dan Hereditas - Modul IPA 1 KB 2, semoga membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Salam Sukses PPG.