KISI-KISI UP UKM PPG AGRIBISNIS PRODUKSI TERNAK

Baca Juga
Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Produksi Ternak - Dalam rangka Pelaksanaan Uji Kompetensi Nasional Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Dalam Jabatan 2019 untuk Uji Pengetahuan 2019 untuk melihat pengumuman silahkan akses link http://ukmppg.ristekdikti.go.id

Untuk menghadapi Ujian Pengetahuan (UP) 2019, Peserta PPG harus mempersiapkan diri agar bisa lulus dan mendapatkan sertifikat pendidik tahun ini, salah satu yang perlu dipersiapkan sebelum ujian yaitu mengetahui kisi-kisi Ujian Pengetahuan.  Berikut ini Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Produksi Ternak berdasarkan capaian pembelajaran dan indikator esensialnya.

Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Produksi Ternak

Capaian Pembelajaran
Indikator Esensial

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi pengetahuan keilmuan produksi ternak, pedagogi dan teknologi (technologycal pedagogycal and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang agribisnis produksi ternak
Disajikan narasi potensi dan sarana yang dimiliki sekolah dan karakteristik materi ajar peserta dapat menjelaskan model pembelajaran dan asesmen yang sesuai

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi pengetahuan keilmuan produksi ternak, pedagogi dan teknologi (technologycal pedagogycal and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang agribisnis produksi ternak
Disajikan data hasil evaluasi pembelajaran materi sifat kualitatif dan kuantitatif strain unggas , peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Menguasai prinsip, teknik, dan aplikasi pengetahuan keilmuan produksi ternak, pedagogi dan teknologi (technologycal pedagogycal and content knowledge (TPACK)) minimal terkait teori belajar dan pengajaran, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam bidang agribisnis produksi ternak
Disajikan kompetensi dasar tentang sifat kualitatif dan kuantitatif ternak perah, peserta dapat menganalisis pengetahuan prosedural dalam pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran agribisnis produksi ternak, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran
Disajikan narasi permasalahan pembelajaran sifat kualitatif dan kuantitatif bangsa ternak ruminansia  kecil, peserta dapat menentukan cara pemecahan yang tepat.

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran agribisnis produksi ternak, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran
Disajikan data hasil evaluasi pembelajaran materi sifat kualitatif dan kuantitatif strain unggas , peserta dapat menentukan rancangan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Menguasai materi sifat kualitatif strain unggas petelur
Disajikan data sifat kualitatif  strain unggas dapat mengklasifikasikan sebagai unggas petelur.

Menguasai metode dan teknik penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran agribisnis produksi ternak, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran
Disajikan permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran tentang sifat kualitatif dan kuantitatif bangsa ternak ruminansia kecil, peserta dapat menentukan variabel, metode, atau pertanyaan penelitian dalam perencanaan penelitian tindakan.

Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan agribisnis produksi ternak
Dapat menentukan prosedur keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan agribisnis produksi ternak.

Menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja, dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan agribisnis produksi ternak
Disajikan kasus tentang pencemaran pada usaha pembibitan ternak unggas, peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut.

Menguasai pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku
Disajikan kasus tentang kecelakaan kerja pada saat praktikum seleksi ternak ruminansia besar, peserta dapat menjelaskan prosedur yang tepat dan sistematis untuk mengatasi permasalahan pada kasus tersebut.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran agribisnis produksi ternak, meliputi: a. merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar, kompetensi lulusan mata pelajaran produksi ternak.  b. menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran produksi ternak; dan c. menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan rumusan kompetensi lulusan mata pelajaran pembibitan ternak, peserta dapat membuat rumusan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran agribisnis produksi ternak, meliputi: a. merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar, kompetensi lulusan mata pelajaran produksi ternak.  b. menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran produksi ternak; dan c. menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan rumusan kompetensi dasar mata pelajaran pembibitan ternak, peserta dapat menentukan jenis media atau sumber belajar yang tepat untuk rumusan tersebut.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran agribisnis produksi ternak, meliputi: a. merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar, kompetensi lulusan mata pelajaran produksi ternak.  b. menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran produksi ternak; dan c. menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan narasi berbagai komponen dalam pembelajaran pembibitan ternak, , peserta dapat menentukan komponen yang masuk dalam RPP.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran agribisnis produksi ternak, meliputi: a. merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar, kompetensi lulusan mata pelajaran produksi ternak.  b. menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran produksi ternak; dan c. menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Disajikan capaian pembelajaran pada materi, peserta dapat menentukan bentuk evaluasi hasil belajar yang tepat.

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran agribisnis produksi ternak, meliputi: a. merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar, kompetensi lulusan mata pelajaran produksi ternak.  b. menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran produksi ternak; dan c. menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku
Dinarasikan kebutuhan bahan praktek materi pembibitan ternak, peserta mampu merencanakan strategi pembelajaaran yang baik.

Mampu melaksanakanpembelajaran sains yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri peserta didik menjadi pembelajar mandiri (self- regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang
Disajikan narasi hasil identifikasi potensi bahan pakan di suatu wilayah, peserta dapat mengarahkan pendekatan pembelajaran untuk menjadi pembelajar mandiri (self-regulated learner) di dalam kelas, laboratorium, dan luar ruang tentang pemilihan bahan pakan.

Mampu melaksanakan pembelajaran sains secara kreatif dan inovatif dengan memilih dan menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi
Disebutkan beberapa media teknologi informasi dan komunikasi, peserta dapat menyesuaikan model tugas terstruktur kepada siswa tentang sistem pengadaan pakan.

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Dinarasikan kegiatan pembuatan pakan , peserta mampu menentukan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Mampu menilai proses dan hasil belajar siswa menggunakan penilaian otentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Dinarasikan hasil penilaian terhadap siswa pada materi pengawetan hijauan pakan dengan metode pengawetan hay , peserta mampu membandingkan dengan metode pengawetan yang lainnya

Mampu mengevaluasiprogram pembelajaran melalui penelitian tindakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran sains, dan pengelolaan pendidikan dan pembelajaran
Dinarasikan kriteria pemanenan hijauan pakan, peserta mampu mempertimbangkan pelaksanaan waktu panen pada jenis hijauan pakan yang berbeda.

Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif sesuai peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku.
Disajikan kasus tentang permasalahan yang berkaitan dengan pembelajaran pengolahan lahan, peserta dapat menentukan rancangan prosedur komunikasi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif dan produktif.

Mengitung kebutuhan pakan ruminansia
Ketepatan menghitung kebutuhan pakan ruminansia

Mengitung kebutuhan pakan unggas
Ketepatan menghitung kebutuhan pakan unggas

Menentukan jenis pakan ruminansia, dan aneka ternak Ketepatan menentukan jenis pakan ruminansia dan aneka ternak

Menentukan jenis pakan unggas Ketepatan  menentukan jenis pakan unggas

Melakukan pengawetan hijauan pakan dalam bentuk silase
Ketepatan dalam menerapkan metode pengawetan hijauan pakan dalam bentuk silase

Melakukan pengawetan hijauan pakan dalam bentuk hay
Ketepatan dalam menerapkan metode pengawetan hijauan pakan dalam bentuk hay

Pemanenan tanaman hijauan pakan
Ketepatan menentukan kriteria hijauan pakan siap panen dan melaksanakan prosedur panen

Melakukan penanaman hijauan pakan
Ketepatan menerapkan prosedur penanaman hijauan pakan

Memilih bibit
Ketepatan menilai bibit tanaman hijauan pakan yang unggul

Melakukan pengolahan lahan tanaman hijauan pakan
Ketepatan menerapkan prosedur Pengolahan tanaman hijauan pakan

Memilih Lokasi lahan tanaman hijauan pakan
Disajikan data dasar pertimbangan pemilihan lokasi lahan tanaman hijauan pakan, peserta mampu memutuskan pilihan lokasi lahan tanaman hijauan pakan

Melaksanakan pemberian pakan ruminansia dan evaluasinya
Ketepatan menggunakan peralatan pakan, teknik pemberian pakan ruminansia, , serta evaluasi pemberian pakan

Melaksanakan pemberian pakan unggas dan aneka ternak serta evaluasinya
Ketepatan menggunakan peralatan pakan, teknik pemberian pakan unggas dan aneka ternak, serta evaluasinya

Menguasai materi sifat kuantitatif strain unggas petelur
Disajikan data sifat kuantitatif strain unggas, dapat mengklasifikasikan sebagai unggas petelur

Menguasai materi sifat kualitatif dan kuantitatif strain unggas pedaging
Disajikan data sifat kualitatif dan kuantitatif strain unggas, dapat menentukan sebagai unggas pedaging

Menguasai materi sifat kualitatif dan kuantitatif bangsa ternak ruminansia besar sapi potong
Disajikan data sifat kualitatif dan kuantitatif bangsa ternak ruminansia besar dapat menunjukkan sebagai sapi potong

Menguasai materi sifat kualitatif bangsa ternak ruminansia besar sapi perah
Menunjukkan dengan tepat sifat kualitatif bangsa ternak ruminansia besar sapi perah

Menguasai materi sifat kuantitatif bangsa ternak ruminansia besar sapi perah
Menentukan dengan tepat sifat kuantitatif bangsa ternak ruminansia besar sapi perah

Memeriksa mutu pakan
Ketepatan melaksanakan pengawasan mutu bahan baku pakan, proses produksi, dan produk akhir

Membuat pakan
Ketepatan menerapkan tahapan membuat pakan meliputi persiapan, transportasi, penimbangan bahan pakan, dan pengemasan

Membuat formulasi pakan
Disajikan data kebutuhan nutrisi ternak, kandungan nutrisi bahan pakan, dan metode pearson square serta trial and error peserta mampu menyusun ransum unggas, ruminansia dan aneka ternak

Menguasai konsep nutrisi ternak
Ketepatan menjelaskan konsep dan fungsi  energi, protein, lemak, serat , vitamin, dan mineral pada ternak

Menguasai seleksi bahan pakan
Ketepatan menerapkan Metode seleksi bahan pakan secara organoleptik, analisis proksimat, dan pengujian biologis

Menguasai  klasifikasi bahan pakan
Ketepatan dalam mengklasifikasi bahan pakan secara nomenklatur internasional

Menguasai konsep analisis finansial ( laba rugi, aliran kas, neraca) usaha ternak ruminansia
Menilai finansial ( laba rugi, aliran kas, neraca) usaha ternak ruminansia

Menguasai konsep analisis finansial ( laba rugi, aliran kas, neraca) usaha ternak unggas
Menilai finansial ( laba rugi, aliran kas, neraca) usaha ternak unggas

Merancang prosedur manajemen ternak ruminansia
Merancang prosedur manajemen ternak ruminansia

Menguasai materi sifat kualitatif bangsa ternak ruminansia kecil
Mengkatagorisasikan dengan tepat ternak ruminansia kecil berdasar sifat kualitatif bangsa ternak ruminansia kecil

Merancang prosedur perawatan kesehatan ternak ruminansia
Menyusun perawatan kesehatan ternak ruminansia

Mampu menerapkan prosedur perawatan kesehatan unggas
Menentukan prosedur perawatan kesehatan ternak unggas

Menguasai materi sifat kuantitatif bangsa ternak ruminansia kecil
Mengkatagorisasikan dengan tepat ternak ruminansia kecil berdasar sifat kuantitatif bangsa ternak ruminansia kecil

Mampu menerapkan prosedur penilaian hasil seleksi ternak unggas petelur
Menyimpulkan dengan tepat  prosedur seleksi ternak unggas petelur

Mampu menerapkan prosedur penilaian hasil seleksi ternak unggas pedaging
Menyimpulkan dengan tepat  prosedur seleksi ternak unggas pedaging

Mampu menerapkan prosedur penilaian hasil seleksi ternak ruminansia besar sapi potong
Menyimpulkan hasil seleksi ternak ruminansia besar sapi potong

Mampu menerapkan prosedur penilaian hasil seleksi ternak ruminansia besar sapi perah
Menentukan prosedur seleksi ternak ruminansia sapi perah

Mampu menerapkan prosedur penilaian hasil seleksi ternak ruminansia kecil domba
Menyusun prosedur penilaian hasil seleksi ternak ruminansia kecil domba

Mampu menerapkan prosedur perkawinan ternak alami
Menentukan waktu yang tepat pada perkawinan ternak alami

Mampu menerapkan prosedur persiapan alat dan ternak pada perkawinan ternak inseminasi buatan
Menentukan alat yang tepat untuk perkawinan inseminasi buatan

Mampu menerapkan prosedur perkawinan ternak inseminasi buatan
Memutuskan waktu yang tepat pada perkawinan ternak inseminasi buatan

Menguasai konsep jenis dan tipe kandang ternak unggas
Menganalisis konsep jenis dan tipe kandang ternak unggas

Mampu mengoperasikan prosedur peralatan peternakan ruminansia
Mengoperasikan prosedur peralatan peternakan ruminansia

Mampu menerapkan peralatan pemeliharaan ternak unggas dan ruminansia
Menilai ketepatan peralatan peternakan unggas dan ruminansia

Mampu menerapkan prosedur manajemen ternak unggas
Menentukan prosedur manajemen ternak unggas

Mampu menerapkan prosedur penilaian hasil seleksi ternak ruminansia kecil kambing
Menyusun prosedur penilaian hasil seleksi ternak ruminansia kecil kambing

Demikianlah Kisi-Kisi UP UKM PPG Agribisnis Produksi Ternak, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.
Bagikan Ke Grup Whatsapp
MATERI BELAJAR DISINI...!!!