Faktor Timbulnya Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Baca Juga
Faktor Timbulnya Keanekaragaman Hayati di Indonesia - Di negara kita Indonesia terdapat banyak keragaman flora dan fauna.

Kawasan Nusantara merupakan suatu rangkaian kepulauan yang memiliki ciri-ciri geografi yang sangat kompleks sehingga kehidupan hewan dan tumbuh-tumbuhan mengikuti pula pertumbuhan dan perubahan yang terjadi.

Selain itu kehidupan hewan dan tumbuhan juga dipengaruhi pula oleh perubahan cuaca.

Timbulnya keanekaragaman yang ada di berbagai tempat di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut.

1) Iklim

Unsur iklim sangat menentukan berbagai jenis keanekaragaman hayati di Indonesia. Unsur-unsur iklim yang mempengaruhi kelangsungan hidup tumbuhan dan hewan adalah temperatur, udara, kelembapan angin, dan curah hujan.


2) Faktor Relief Tanah

Relief tanah adalah tinggi rendahnya permukaan bumi diukur dari permukaan laut. Ketinggian di suatu tempat dapat mempengaruhi temperatur dan tekanan udara, demikian pula jenis-jenis tumbuhan dan hewan.

3) Faktor Tanah

Keadaan tanah di suatu tempat sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan berbagai jenis tumbuhan. Tanah humus dan tanah vulkanis sangat baik untuk pertumbuhan tanaman karena memiliki banyak unsur hara.

Demikianlah penjelasan tentang Faktor Timbulnya Keanekaragaman Hayati di Indonesia, semoga mudah dipahami dan baca artikel berikutnya untuk memperdalam materinya. Silahkan dishare dan dicopy dengan tetap mencantumkan sumbernya. Terima Kasih telah berkunjung.
Bagikan Ke Grup Whatsapp
MATERI BELAJAR DISINI...!!!