MATERI PEMBAHASAN SOAL CPNS PENALARAN LOGIS 2019-2020

Baca Juga
MATERI PEMBAHASAN SOAL CPNS PENALARAN LOGIS 2019-2020 - Soal SKD CAT CPNS dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan tiga bidang pengujian, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes lntelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Waktu ujian SKD berbasis komputer atau yang lebih sering disebut Computer Assisted Test (CAT) adalah 90 menit.

Adapun kisi-kisi materi tes kompetensi bidang disusun dan ditetapkan oleh setiap instansi pembina jabatan fungsional. Berdasarkan Permenpan No. 22 Tahun 2017, kisi-kisi soal CPNS yang diaplikasikan dalam CAT memiliki komposisi sebagai berikut:

a. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
1. 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
2. 30 soal Tes lnteligensi Umum (TIU)
3. 40 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
b. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) selanjutnya berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKB yang akan diujikan bergantung kepada Kementerian dan lnstansi terkait dan berbeda satu sama lain.

Untuk instansi yang yang seleksinya menggunakan Computer Assisted Test, jumlah soal seluruhnya sebanyak 100 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban (A, B, C, D, dan E), perinciannya:
a. 30 soal TWK (nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar)
b. 30 soal TIU (nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar)
b. 40 soal TKP (nilainya dari skala 1 s.d. 5, tidak ada nilai 0)

Jadi, jika seluruh soal dijawab dengan tepat, nilai maksimumnya adalah 500. Tidak ada sistem pengurangan nilai dalam ujian ini. Nilai Ambang Batas SKD CAT Seleksi CPNS berdasarkan Permenpan No. 22 Tahun 2017:
a. 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan;
b. 80 untuk Tes lntelegensia Umum; dan
c. 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi.

Nilai ambang batas tersebut adalah nilai minimum yang harus dipenuhi dalam setiap subtes. Artinya, peserta ujian CPNS akan lolos jika nilai yang didapatkan pada setiap subtes memenuhi nilai ambang batas tersebut. Sebaliknya, berapapun nilai total yang didapatkan tidak akan berpengaruh jika ada salah satu subtes yang nilainya di bawah ambang batas.

Berikut ini MATERI PEMBAHASAN SOAL CPNS PENALARAN LOGIS 2019-2020. Kumpulan soal ini diharapkan bisa menambah wawasan atau referensi pengetahuan tentang materi tes CPNS yang terdiri dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes lntelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).



PEMBAHASAN DAN KUNCI JAWABAN



Demikianlah informasi tentang MATERI PEMBAHASAN SOAL CPNS PENALARAN LOGIS 2019-2020, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.
Bagikan Ke Grup Whatsapp
MATERI BELAJAR DISINI...!!!