Ada beberapa prinsip geografi. Prinsip yang memuat tentang hubungan keterkaitan dalam ruang, antara gejala yang satu dengan gejala yang lain disebut prinsip .... a. korologi b. deskripsi c. persebaran d. interelasi e. keterkaitan

Ada beberapa prinsip geografi. Prinsip yang memuat tentang hubungan keterkaitan dalam ruang, antara gejala yang satu dengan gejala yang lain disebut prinsip .... a. korologi b. deskripsi c. persebaran d. interelasi e. keterkaitan


Soal:

Ada beberapa prinsip geografi. Prinsip yang memuat tentang hubungan keterkaitan dalam ruang, antara gejala yang satu dengan gejala yang lain disebut prinsip ....

a. korologi 

b. deskripsi 

c. persebaran 

d. interelasi

e. keterkaitan


Jawaban:

d. interelasi


Pembahasan:

Prinsip Interelasi

Prinsip interelasi digunakan untuk menelaah hubungan yang saling terkait antara gejala yang satu dengan gejala geografi yang lain dalam suatu ruang. Hubungan yang saling terkait tersebut bisa terjadi antara fenomena fisik dan fenomena sosial. Singkatnya, prinsip ini dapat dipakai untuk mengurai hubungan antara gejala-gejala dalam suatu ruang.

Contoh dari prinsip interelasi adalah kekeringan terjadi sebagai dampak adanya fenomena La Nina, fenomena banjir terjadi akibat penebangan hutan pada wilayah hulu.

Prinsip Persebaran

Prinsip persebaran atau distribusi digunakan untuk menelaah gejala dan fenomena geografi yang tersebar di permukaan bumi secara tidak sama dan tidak merata. Gejala atau fenomena tersebut dapat berupa fenomena fisik maupun fenomena sosial. Fenomena geografi yang diteliti bisa berupa bentang alam, tumbuhan, hewan, dan manusia.

Prinsip ini dapat digunakan untuk mengungkapkan hubungan antarfenomena secara menyeluruh. Prinsip persebaran ini juga dipakai untuk menaksir keadaan yang akan datang. Contoh dari prinsip persebaran adalah persebaran flora dan fauna di Indonesia, persebaran potensi air, dan persebaran penduduk transmigran di Indonesia.

Prinsip Deskripsi

Prinsip geografi yang selanjutnya adalah prinsip deskripsi. Prinsip ini digunakan untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang gejala-gejala yang terjadi di muka bumi yang dapat diamati. Persebaran dan hubungan dari gejala dan fenomena tersebut dapat disajikan dalam bentuk data, grafik, maupun peta.

Contoh dari prinsip deskripsi adalah penggambaran angka pengangguran pada provinsi Jawa Timur, grafik peta lempeng tektonik di dunia, dan peta wilayah lautan pada kawasan Asia Tenggara.

Prinsip Korologi

Prinsip korologi merupakan prinsip geografi yang komprehensif karena memadukan prinsip-prinsip lainnya. Dalam prinsip ini, tiap gejala atau fenomena geografi dikaji lewat memadukan prinsip-prinsip persebaran, interelasi, dan deskripsi. Pengkajian dengan prinsip korologi dapat menunjukkan adanya perbedaan gejala, fenomena, dan fakta antarwilayah.

Contoh penggunaan prinsip korologi adalah untuk mengetahui masalah suhu udara, diperlukan penelitian mengenai perbedaan suhu udara pada pedesaan dan perkotaan, penyebab timbulnya pedesaan, dan pengaruh banyaknya pepohonan di desa terhadap suhu udara di wilayah pedesaan dibanding perkotaan.

Terima kasih telah berkunjung kembali, jika bermanfaat silakan bantu dengan bagikan ke sahabat lainnya...!!!
Bagikan Ke Whatsapp
Bagikan ke Telegram
Bagikan Ke Facebook
Lihat Semua Isi Blog- Klīk dīsīnī

Subscribe to receive free email updates: