.link-list { font-family: Arial, sans-serif; font-size: 16px; border: 1px solid #ccc; border-radius: 5px; background-color: #fff; padding: 10px; margin: 20px; } .link-list ul { list-style: none; margin: 0; padding: 0; } .link-list li { margin-bottom: 10px; } .link-list a { text-decoration: none; color: #148199; transition: all 0.3s ease; } .link-list a:hover { color: #c0392b; }
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Unduh Modul PPPK Tahun 2023 Semua Mapel Lengkap

Unduh Modul Bahan Ajar Mandiri Calon Guru PPPK Tahun 2023 - Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter Pancasila yang prima. 

Unduh Modul PPPK Tahun 2021 Semua Mapel Lengkap
Untuk file Modul Belajar Mandiri Guru PPPK ada di bawah silahkan diunduh secara gratis.

Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen utama dalam pendidikan sehingga menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun Pemerintah Daerah dalam seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K). Seleksi Guru P3K dibuka berdasarkan pada Data Pokok Pendidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengestimasi bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang saat ini mengajar). 

Pembukaan seleksi untuk menjadi guru P3K adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak. Pemerintah membuka kesempatan bagi:

1). Guru honorer di sekolah negeri dan swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori dua yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK sebelumnya.

2). Guru yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan; dan Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar.

Seleksi guru P3K kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun sebelumnya formasi untuk guru P3K terbatas. Sedangkan pada tahun 2023 semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi. 

Semua yang lulus seleksi akan menjadi guru P3K hingga batas satu juta guru. Oleh karenanya agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru, maka pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi lebih banyak sesuai kebutuhan.

Untuk mempersiapkan calon guru P3K siap dalam melaksanakan seleksi guru P3K, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) mempersiapkan modul-modul pembelajaran setiap bidang studi yang digunakan sebagai bahan belajar mandiri, pemanfaatan komunitas pembelajaran menjadi hal yang sangat penting dalam belajar antara calon guru P3K secara mandiri. 

Modul akan disajikan dalam konsep pembelajaran mandiri menyajikan pembelajaran yang berfungsi sebagai bahan belajar untuk mengingatkan kembali substansi materi pada setiap bidang studi, modul yang dikembangkan bukanlah modul utama yang menjadi dasar atau satusatunya sumber belajar dalam pelaksanaan seleksi calon guru P3K tetapi dapat dikombinasikan dengan sumber belajar lainnya.

Peran Kemendikbud melalui Ditjen GTK dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan guru P3K melalui pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas peserta didik adalah menyiapkan modul belajar mandiri. 

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat GTK Dikdas) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) yang merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan modul belajar mandiri bagi calon guru P3K. 

Adapun modul belajar mandiri yang dikembangkan tersebut adalah modul yang di tulis oleh penulis dengan menggabungkan hasil kurasi dari modul Pendidikan Profesi Guru (PPG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), dan bahan lainnya yang relevan. 

1. Pedagogi - Buka dan unduh file disini
2. PGSD IPA - Buka dan unduh file disini
3. PGSD IPS - Buka dan unduh file disini
4. PGSD PPKN - Buka dan unduh file disini
5. PGSD Matematika - Buka dan unduh file disini
6. PGSD Bahasa Indonesia - Buka dan unduh file disini
7. PJOK SD - Buka dan unduh file disini
8. PJOK SMP_SMA_SMK - Buka dan unduh file disini
9. IPS Ekonomi - Buka dan unduh file disini
10. IPS Geografi - Buka dan unduh file disini
11. IPS Sejarah - Buka dan unduh file disini
12. IPS Sosiologi - Buka dan unduh file disini
13. IPA Biologi - Buka dan unduh file disini
14. IPA Fisika - Buka dan unduh file disini
15. IPA Kimia - Buka dan unduh file disini
16. Matematika - Buka dan unduh file disini
17. Bahasa Indonesia - Buka dan unduh file disini
18. Bahasa Inggris - Buka dan unduh file disini
19. Fisika - Buka dan unduh file disini
20. Biologi - Buka dan unduh file disini
21. Kimia - Buka dan unduh file disini
22. PPKn - Buka dan unduh file disini
23. Ekonomi - Buka dan unduh file disini
24. Geografi - Buka dan unduh file disini
25. Sejarah - Buka dan unduh file disini
26. Sosiologi - Buka dan unduh file disini
27. Bimbingan Konseling - Buka dan unduh file disini
28. Bahasa Arab - Buka dan unduh file disini
29. Bahasa Jepang - Buka dan unduh file disini
30. Bahasa Jerman - Buka dan unduh file disini
31. Bahasa Prancis - Buka dan unduh file disini
32. Bahasa Mandarin - Buka dan unduh file disini
33. Pendidikan Luar Biasa - Buka dan unduh file disini
34. TK-PAUD - Buka dan unduh file disini
35. Informatika - Buka dan unduh file disini
36. Seni Budaya Teater - Buka dan unduh file disini
37. Seni Budaya Tari - Buka dan unduh file disini
38. Seni Budaya Rupa - Buka dan unduh file disini
39. Seni Budaya Musik - Buka dan unduh file disini

Dengan modul ini diharapkan calon guru P3K memiliki salah satu sumber dari banyaknya sumber yang tersedia dalam mempersiapkan seleksi Guru P3K. Mari kita tingkatkan terus kemampuan dan profesionalisme dalam mewujudkan pelajar Pancasila.
close