Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PPG Pedagogik Ekonomi dan Kunci Jawaban

 

Soal PPG Pedagogik Ekonomi dan Kunci Jawaban

1. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran Ekonomi Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria …

A. Shahih

B. Significance

C. Kebermanfaatan

D. Layak dipelajari

E. Menarik minat

Pembahasan

Jawaban: A

Shahih (valid) artinya Materi yang akan dituangkan dalam pembelajaran benar-benar telah teruji kebenaran dan kesahihannya. Pengertian ini juga berkaitan dengan keaktualan materi sehingga materi yang diberikan dalam pembelajaran tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan.


2. Pola pengembangan materi pembelajaran mata pelajaran Ekonomi SMA dengan susunan materi mulai dari yang sederhana menuju pada yang kompleks merupakan pola pengembangan …

A. Kronologis

B. Kausal

C. Logis

D. Psikologis

E. Spiral

Pembahasan

Jawaban: C

Pola logis adalah pola pengembangan materi pembelajaran dimana susunan materi dimulai dari yang sederhana terlebih dahulu, baru kemudian beranjak pada bagian yang kompleks, sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi tersebut.


3. Segala alat pengajaran yang digunakan untuk untuk membantu menyampaikan materi mata pelajaran Ekonomi SMA kelas XII KD. 3.2 Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi. dalam proses pembelajaran, sehingga memudahkan pencapaian tujuan tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan adalah pengertian dari …

A. Sumber belajar

B. Media pembelajaran

C. Rujukan pembelajaran

D. Fasilitas belajar

E. Dukungan pembelajaran

Pembahasan

Jawaban: B

Segala sesuatu yang digunakan untuk membantu dalam menyampaikan materi atau informasi dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah proses penyampaian informasi agar efektif dan efisien disebut dengan media pembelajaran


4.   Media pembelajaran memiliki karakteristik antara lain sebagai berikut

a)  Fiksatif

b)  Manipulative

c)  Distributive

d)  Canggih

e)  Dapat menyampaikan semua materi pelajaran

Seorang guru ekonomi SMA dalam memilih media harus memperhatikan karakteristik yang ….

A.  1,2,3

B.  2,3,4

C.  3,4,5

D.  1,3,5

E.  2,3,5

Pembahasan

Jawaban: A

Hal mendasar yang harus diperhatikan guru dalam pemilihan media adalah karakteristik media yang fiksatif, manipulative dan distributive.


5. Seorang guru ekonomi harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ...

A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis tujuan pembelajaran

B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran

C. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran

D. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

E. Media dapat dibuat dengan mudah dan biaya murah

Pembahasan

Jawaban: C

Tujuan utama dari media pembelajaran adalah mempermudah dalam proses penyampaian informasi (materi pelajaran) sehingga materi pelajaran mudah dipahami oleh siswa


6. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Ekonomi SMA adalah KD. 3.6 Mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia, untuk mencapai KD. Tersebut diperlukan sumber belajar yang baik. Sumber belajar yang baik adalah sumber belajar yang selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu sumber belajar yang paling tepat untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat adalah …

A. Buku teks

B. Buku grand theory

C. Jurnal ilmiah/artikel ilmiah

D. Ensiklopedia

E. Surat kabar

Pembahasan

Jawaban: C

Jurnal/artikel ilmiah merupakan salah satu rujukan yang tepat dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terkini, karena memuat hasil penelitian atau temuan baru dalam dunia akademik (ilmu pengetahuan)


7.   Beberapa hal yang ada dalam setiap proses pembelajaran dan harus bisa diterima oleh guru adalah …

a)  Karakteristik materi pelajaran yang berbeda-beda

b)  Sarana belajar yang ada

c)  Gaya belajar siswa

d)  Target dari pimpinan (kepala sekolah)

e)  Tuntutan dari orang tua siswa

yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan sebuah metode pembelajaran adalah ….

A.  1,2,3

B.  1,2,4

C.  1,2,5

D.  2,3,4

E.  2,3,5


Pembahasan

Jawaban: A

Hal pokok yang mendasari pemilihan sebuah metode pembelajaran adalah kesesuaian metode yang dipilih dengan tujuan pembelajaran, karakter dari materi, sarana belajar, dan juga gaya belajar siswa.


8. Proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka merupakan metode …

A. Ceramah

B. Diskusi

C. Demonstrasi

D. Resitasi

E. Tanya Jawab

Pembahasan

Jawaban: B

Metode diskusi adalah aktivitas dari sekelompok siswa, berbicara saling bertukar informasi maupun pendapat tentang sebuah topik atau masalah, dimana setiap anak ingin mencari jawaban/penyelesaian problem dari segala segi dan kemungkinan yang ada.

Metode ini melatih siswa untuk berani mengungkapkan pendapat dan berargumentasi untuk mempertahankan pendapatnya


9. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian …

A. Objektivitas

B. Ransparan

C. Bermakna

D. Menyeluruh

E. Adil

Pembahasan

Jawaban: A

Penilaian yang bersifat objektif adalah penilaian yang tidak memandang dan membeda-bedakan latar belakang peserta didik, namun melihat kompetensi yang dihasilkan oleh peserta didik tersebut, bukan atas dasar siapa dirinya


10. Teknik penilaian hasil belajar yang menuntut peserta didik mendemontrasikan kemahirannya atau menampilkan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja adalah teknik penilaian ...

A. Tes lisan

B. Tes praktik

C. Penugasan

D. Portofolio

E. Magang

Pembahasan

Jawaban: B

Tes praktik merupakan teknik penilaian untuk melihat secara langsung kemahiran/kemampuan siswa dalam mendemonstrasikan kemahirannya atau hasil belajarnya.


11. Saat ini  berkembang  bentuk  intrumen  penilaian  dengan  meminta  siswa  untuk  mengumpulkan dokumen-dokumen yang menjadi bukti bahwa siswa tersebut telah melakukan sesuatu yang disyaratkan oleh guru. Kumpulan hasil kerja ini untuk menunjukkan bukti tentang kompetensi, pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu. Hal ini sering disebut dengan penilaian ...

A. Penugasan

B. Pengamatan

C. Portofolio

D. Praktik

E. Produk

Pembahasan

Jawaban: C

Teknik penilaian dengan bentuk portofolio merupakan bentuk penilaian yang mensyaratkan siswa memiliki dan mengumpulkan bukti/bukti dokumen yang akan menunjukkan bahwa dia telah memiliki kompetensi, pemahaman dan capaian dari sebuah pembelajaran. Melalui kumpulan dari dokumen-dokumen tersebut nantinya siswa akan dinilai apakah telah memenuhi syarat atau mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.


12. Ibu Cantik seorang guru ekonomi SMA ABC kelas XI, setelah melakukan penilaian pada KD. 3.4 Menganalisis indeks harga dan inflasi, selanjutnya menganalisis hasil penilaian, ternyata terdapat beberapa peserta didik yang belum mencapai tingkat ketuntasan pada KD tersebut, Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan mengalami kesulitan yang berbeda-beda, maka startegi pelaksanaan pembelajaran remedial adalah …

A. Pemberian bimbingan secara kelompok

B. Pemberian bimbingan secara individu

C. Pemberian pembelajaran ulang

D. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus

E. Pemanfaatan tutor sebaya

Pembahasan

Jawaban: B

Berikut beberapa strategi pelaksanaan pembelajaran remedial yang dapat disesuaikan dengan jenis dan tingkat kesulitan.

1. Pemberianbimbingansecaraindividu. Halinidilakukanapabilaadabeberapa peserta didik yang meng- alami kesulitan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Pemberian bim- bingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan. Dalam hal pembelajaran klasikal peserta di- dik tertentu mengalami kesulitan, perlu dipilih alternatif tindak lanjut berupa pemberian bimbingan secara individual/perorangan. Pemberian bimbingan perorangan merupakan implikasi peran guru sebagai tutor. Sistem tutorial dilaksanakan bilamana terdapat satu atau beberapa orang peserta didik  yang  belum  berhasil mencapai ketuntasan

2. Pemberian bimbingan secara kelompok. Hal ini dilakukan apabila dalam pembelajaran klasikal ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan sama.

3. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda. Pembelajaran ulang dapat disampaikan dengan variasi cara penyajian dan penyederhanaan tes/pertanyaan. Pembelajaran ulang dilakukan bilamana sebagian besar atau semua peserta didik belum mencapai ketuntasan belajar atau mengalami kesulitan belajar. Guru perlu memberikan penjelasan kembali dengan menggunakan metode dan/atau media yang lebih tepat.

4. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus. Dalam rangka pelaksanaan remedial, tugas-tugas latihan perlu diperbanyak agar peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes ulang. Peserta didik perlu diberi pelatihan intensif untuk membantu menguasai kompetensi yang ditetapkan.

5. Pemanfaatan tutor sebaya. Tutor sebaya adalah teman sekelas atau kakak kelas yang memiliki ke- cepatan belajar lebih. Mereka perlu dimanfaatkan untuk memberikan tutorial kepada rekan atau adik kelas yang mengalami kesulitan belajar. Melalui tutor sebaya diharapkan hubungan antar peserta didik akan lebih akrab dan terbuka, sehingga peserta didik yang mengalami kesulitan belajar akan lebih mudah memahami materi atau kompetensi yang harus dicapai.


13. Ibu Anggun seorang guru Ekonomi SMA ABC kelas XII, setelah melakukan penilaian pada KD. 3.6 Menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang, Analisis hasil penilaian, ternyata sebagian besar peserta didik yang belum mencapai tingkat ketuntasan, maka startegi pelaksanaan pembelajaran remedial yang sesuai adalah …

A. Pemberian bimbingan secara kelompok

B. Pemberian bimbingan secara individu

C. Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda

D. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus

E. Pemanfaatan tutor sebaya

Pembahasan

Jawaban: C

Berikut beberapa strategi pelaksanaan pembelajaran remedial yang dapat disesuaikan dengan jenis dan tingkat kesulitan.

Pemberian bimbingan secara individu. Hal ini dilakukan apabila ada beberapa peserta didik yang meng- alami kesulitan yang berbeda-beda, sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik. Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan. Dalam hal pembelajaran klasikal peserta didik tertentu mengalami kesulitan, perlu dipilih alternatif tindak lanjut berupa pemberian bimbingan secara individual/ perorangan. Pemberian bimbingan perorangan merupakan implikasi peran guru sebagai tutor. Sistem tutorial dilaksanakan bilamana terdapat satu atau beberapa orang peserta didik yang belum berhasil mencapai ketuntasan

Pemberian bimbingan secara kelompok. Hal ini dilakukan apabila dalam pembelajaran klasikal ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan sama.


14. Berdasarkan hasil analisis penilaian untuk KD. menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Beberapa peserta didik telah melampaui KKM. Pak Bagas guru Ekonomi kelas X SMA BCD memberikan pengayaan untuk peserta didik yang melampaui KKM. Pengayaan dapat dilakukan melalui …

A. Belajar kelompok KD yang sama

B. Belajar mandiri KD selanjutnya

C. Belajar kelompok KD selanjutya

D. Belajar mandiri KD sebelumnya

E. Belajar kelompok KD sebelumnya

Pembahasan

Jawaban: A

Bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan melalui:

Belajar kelompok, yaitu sekelompok peserta didik yang memiliki minat tertentu diberi tugas untuk memecahkan permasalahan, membaca di perpustakaan terkait dengan KD yang dipelajari pada jam pelajaran sekolah atau di luar jam pelajaran sekolah. Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta didik berupa pemecahan masalah nyata. Selain itu, secara kelompok peserta didik dapat diminta untuk menyelesaikan sebuah proyek atau penelitian ilmiah.

Belajar mandiri, yaitu secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati, menjadi tutor bagi teman yang membutuhkan. Kegiatan pemecahan masalah nyata, tugas proyek, ataupun penelitian ilmiah juga dapat dilakukan oleh peserta didik secara mandiri jika kegiatan tersebut diminati secara individu.

Pembelajaran berbasis tema, yaitu pembelajatan terpadu yang memadukan kurikulum di bawah tema besar sehingga peserta didik dapat mempelajari hubungan  antara berbagai disiplin ilmu.  Melalui pembelajaran tematik dapat mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pe- ngalaman bermakna  bagi  peserta  didik. Dikatakan bermakna karena dalam  pembelajaran tematik, peserta didik akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya.


15. Perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran merupakan pengertian dari …

A. Kompetensi Inti (KI)

B. Standar kompetensi lulusan (SKL)

C. Indikator

D. Standar Isi

E. Standar proses

Pembahasan

Jawaban: C

Indikator merupakan penanda tercapainya kompetensi dasar dari sebuah mata pelajaran. Indicator harus dapat diukur dan diobservasi sehingga guru dapat menyimpulkan apakah KD telah tercapai atau belum.