Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis tes intelegensi yang digunakan untuk mengukur anak anak usia 5 – 11 tahun adalah...

Soal dan Kunci Jawaban PPG BK Kompetensi Profesional Beserta Pembahasannya :

Soal :

Jenis tes intelegensi yang digunakan untuk mengukur anak anak usia 5 – 11 tahun adalah...

a. Tes The Standard Progressive Matrices (SPM)

b. Tes The Colored Progressive Matrices (CPM)

c. Tes The Advanced Progressive Matrices (APM)

d. Tes The Middle Progressive Matrices (MPM)

Kunci Jawaban :

b. Tes The Colored Progressive Matrices (CPM)

Pembahasan :

Tes  ini  merupakan  salah  satu  jenis  tes  inteligensi  yang  dapat diberikan baik itu secara individual atau kelompok. Tes ini dirancang oleh

J.C. Raven dan diterbitkan di London pada tahun 1960. Tes SPM merupakan tes yang bersifat non verbal. Hal itu tampak pada item-item soal yang bukan berupa tulisan atau bacaan melainkan gamabar-gambar. 

Tes SPM terdiri atas lima seri dan tiap seri terdiri atas dua belas item soal jadi total keseluruhan ada 60 butir soal. 

Butir-butir soal berbentuk suatu pola yang sebagian bentuknya dihilangkan sehingga dengan demikian tugas subjek tes adalah menyempurnakan pola tersebut dengan memilih satu dari enam kemungkinan jawaban yang tersedia. 

Tes yang bermaksud mengukur faktor “G” (general faktor) dari inteligensi manusia ini dikenakan kepada subjek berdasarkan rentangan umur 12-60 tahun. 

Sedangkan untuk anak- anak (5-11 tahun) dikenai tes CPM (The Colored Progressive Matrices). Tes CPM terdiri dari 36 item/gambar dikelompokkan menjadi 3 set yaitu set A, set AB dan set B.

Raven berpendapat bahwa tes CPM dimaksudkan untuk mengunkap aspek-aspek: (a) Berpikir logis, (b) Kecakapan pengamatan ruang, (c) kemampuan untuk mencari dan mengerti hubungan antara keseluruhan dan bagianbagian, jadi termasuk kemampuan analisa dan kemampuan integrasi dan (d) kemampuan berpikir secara analogi. 

Dalam perkembangan berikutnya, khusus bagi mereka yang memiliki kapasitas intelektualnya di atas rata-rata disediakan versi lain yaitu Tes APM (The Advanced Progressive Matrices).

Kembali ke Daftar Soal PPG BK Pedagogik dan Profesional Beserta Pembahasannya