Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memberikan informasi tentang efektivitas progam sehingga dapat mengoptimalkan hasil, efisiensi, dan kualitas merupakan tujuan dilakukannya

Soal dan Kunci Jawaban PPG BK Kompetensi Profesional Beserta Pembahasannya :

Soal :

Memberikan informasi tentang efektivitas progam sehingga dapat mengoptimalkan hasil, efisiensi, dan kualitas merupakan tujuan dilakukannya:

a. Evaluasi

b. Tes

c. Non Tes

d. Pengukuran

Kunci Jawaban :

a. Evaluasi

Pembahasan :

Tujuan melakukan asesmen sebagai dasar bagi guru BK dalam membuat progam BK di sekolah. Dengan melakukan asesmen guru BK mendapatkan data yang relevan, objektif, akurat dan komprehensif tentang kondisi konseli seperti profil, permasalahan yang dihadapi konseli, potensi yang dimiliki, kebutuhan dan kondisi lingkungan yang dibutuhkan oleh konseli. 

Bagi konseli, hasil asesmen dapat digunakan untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik dan merencanakan masa depan mereka sendiri. 

Asesmen juga membantu konseli memperjelas tujuan hidup, memperoleh kejelasan sudut pandang, dan memperoleh dukungan yang ilmiah dan terpercaya bagi diskripsi diri.

Asesmen juga bertujuan untuk mendukung penelitian tentang perubahan tingkah laku dan mengevaluasi efektifitas suatu program atau teknik yang baru.

Kembali ke Daftar Soal PPG BK Pedagogik dan Profesional Beserta Pembahasannya