Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menurut Kohlberg tahap perkembangan moral pada usia remaja masuk pada tahap?

Soal dan Kunci Jawaban PPG BK Kompetensi Profesional Beserta Pembahasannya :

Soal :

Menurut Kohlberg tahap perkembangan moral pada usia remaja masuk pada tahap?

a. Pra Konvensional

b. Konvensional

c. Konservasi

d. Pasca Konvensional

Kunci Jawaban :

b. Konvensional

Pembahasan :

Perkembangan moral pada remaja menuntut Kohlberg berada pada tahap konvensional. Pada tahap ini remaja memiliki “orientasi anak baik” remaja menyesuaikan diri terhadap peraturan dengan tujuan untuk menyenangkan orang tua. 

Misalnya “saya rajin ke sekolah agar orang tua saya bahagia, saya tidak ingin membuat orang tua sedih”. 

Selain itu, remaja menyesuaikan diri karena turut memperhatikan kepentingan orang lain dan bukan sekedar karena kepentingan kelompok sendiri. Misalnya “Saya harus taat pada peraturan sekolah, karena kewajiban saya sebagai warga sekolah yang baik” (Yusuf, 2012; Ahman, 2014). 

Remaja sudah mulai mengenal konsep-konsep moralitas seperti kejujuran, kepedulian, keadilan, kesopanan, dan kedisiplinan (Desmita, 2009; Yusuf, 2012). 

Sebagian remaja sudah bisa menyadari bahwa membahagiakan orang lain itu perbuatan mulia, tetapi itu hal yang sulit, mereka mencari keseimbangan antara membahagiakan orang lain dengan kebahagian dirinya. 

Pada masa remaja muncul dorongan untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat dinilai baik oleh orang lain. 

Remaja berperilaku bukan hanya untuk memenuhi kepuasan fisik, tetapi psikologis seperti rasa puas dengan adanya penerimaan dan penilaian positif dari orang lain tentang perbuatannya (Yusuf, 2012; POP BK 2016). 

Keragaman tingkat moral remaja disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya adalah moral orang tua dan moral teman sebaya. tampak paling kuat dipengaruhi oleh penampilan fisik dan kemudian penerimaan sosial teman sebaya.

Kembali ke Daftar Soal PPG BK Pedagogik dan Profesional Beserta Pembahasannya