Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Soal Pretest PPG Pedagogik Level 6 Tahun 2023



Latihan Soal Pretest PPG Pedagogik Level 6 Tahun 2023 - Latihan soal pretest ppg pedagogik ini terdiri dari 20 level, setiap level terdiri dari 10 soal. Untuk dapat mengerjakan soal level selanjutnya, harus mendapatkan nilai minimal 7 jawaban benar dari 10 nomor soal, jika nilai benarnya 6 ke bawah, halaman akan otomatis melakukan refresh dan ulangi menjawab soal sampai dinyatakan lulus dan lanjut ke level selanjutnya.

Petunjuk:
Klik pada bulatan di depan pilihan jawaban yang menurut anda benar..!!

(1) Tanpa batas waktu
(2) Pilihlah salah satu jawaban yang dianggap paling benar (masing-masing soal memiliki bobot 1)
(3) Pemeriksaan hasil tes dilakukan melalui sistem komputerisasi; Klik tombol lihat hasil di bagian bawah untuk melihat hasil jawaban. Selamat mencoba.

1. Paradigma dan keyakinan guru mempengaruhi cara guru bertindak. Berikut merupakan cara pandang guru abad 21 tentang pembelajran abad 21 yang paling tepat adalah …
a. Pembelajaran harus berpusat pada peserta didik aktif
b. Pembelajaran lebih berorientasi untuk menguasai konten
c. Pembelajaran berpusat peserta didik dengan guru tetap aktif
d. Guru aktif memfasilitasi peserta didik, peseta didik merespon
e. Pembelajaran di mediasi teknologi peserta didik aktif

2. Memahami karateristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi…
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Profesional
e. Semua benar

3. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi…
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Professional
e. Intelektual

4. Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif, serta mengikutsertakan orang tua dan masyarakat dalam program pembelajaran guna mengatasi kesulitan belajar peserta didik, merupakan kompetensi…
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Professional
e. Humanis

5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Profesional
e. Intelektual

6. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. Berkomunikasi pada peserta didik

7. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan kompetensi pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Melakukan tindakan reflektif
e. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

8. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal dengan kreatifitasnya termasuk kemampuan pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik

9. Berikut aspek penting dalam pengelolaan pembelajaran abad 21, kecuali…
a. Merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif
b. Menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran
c. Menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)
d. Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
e. Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran

10. Indikator guru mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi yang dapat mempengaruhi kebijakan adalah …
a. Memanfaatkan hasil refleksi dan penilaian untuk pengembangan mata pelajaran yang diampu
b. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
c. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan
d. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan
e. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran


Klik lihat hasil apakah lanjut ke level berikutnya atau mengulang latihan soal