Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PPG Matematika SD 5 Bilangan

Soal PPG Matematika SD 5 Materi Bilangan:

1. Seorang guru SD hendak mengajar konsep FPB. Rancangan aktivitas pesertadidik yang paling sesuai dengan panduan berbasis kontruktivisme adalahpeserta didik diminta untuk mencari faktor dari suatu bilangan denganketentuan memiliki faktor lebih dari dua. Bilangan tersebut adalah ....

a.11

b.23

c.25✔️

d.29

e.31


2. Seorang pengelola pasar swalayan menerima pasokan buah-buahan dan sayurmayur berupa 75 sisir pisang, 90 ikat bayam dan 120 buah jeruk. Ia akanmengemasnya dalam paket-paket dengan per paket berisi pisang, sayur mayurdan jeruk. Paket terbanyak yang dapat disiapkannya dengan sisa yang sedikit-sedikitnya adalah ....

a.6 kemasan

b.12 kemasan✔️

c.15 kemasan

d.25 kemasan

e.36 kemasan


3. Cindy mengerjakan suatu pekerjaan dalam waktu 2 hari, Firman untukpekerjaan yang sama dapat diselesaikan dalam waktu 3 hari, sedangkan Teguhdapat menyelesaikan dalam waktu 4 hari. Jika mereka akan bekerja 58ersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, maka pekerjaan itu akan selesaidalam waktu ….

a.23 jam

b.22 jam 9 menit

c.22 jam 15 menit✔️

d.1 hari 50 menit

e.1 hari


4. Pembangunan sebuah gedung direncanakan selesai dibangun selama 20 harioleh 36 pekerja. Setelah dikerjakan 12 hari pekerjaan dihentikan selama 2 hari.Jika kemampuan bekerja setiap pekerja dianggap sama dan agar pembangunanselesai tepat waktu, banyak pekerja tambahan yang diperlukan adalah....

a.12 pekerja

b.18 pekerja

c.16 pekerja

d.14 pekerja

e.20 pekerja✔️


5. Diantara bangun-bangun di bawah ini yang pasti sebangun adalah ….

a. Dua buah belah ketupat

b. Dua buah segitiga siku-siku

c. Dua buah persegi panjang

d. Dua buah persegi✔️

e. Dua buah segitiga sama kaki


6. Seorang guru SD hendak mengajar luas persegi panjang denganmemanfaatkan kertas berpetak. Rancangan aktivitas siswa yang paling sesuaidengan panduan berbasis kontruktivisme adalah siswa diminta menggambarpersegi panjang dengan luas sebesar ... satuan luas.

a.2

b.5

c.11

d.36✔️

e.47


7. Untuk mengajarkan siswa pada topik volume balok, ditempuh langkah-

langkah berikut ini:

(1) Merumuskan rumus volume balok.

(2) Menanyakan bagaimana cara menentukan banyak kubus satuan.

(3) Menanyakan banyak kubus satuan yang diperlukan untuk mengisi kardus

berbentuk balok.

(4) Merumuskan pengertian volume balok.

(5) Memberi soal tentang volume balok.

(6) Memberi permasalahan bagaimana menentukan banyak kubus satuan yang akan dimasukkan ke dalam kardus berbentuk balok.

Ibu Anis ingin siswanya belajar volume balok dengan pendekatan konstruktivisme, urutan langkah pembelajaran yang dilakukan Ibu Anis adalah ….

a.(4), (1), (5), (6), (2), dan (3)

b.(2), (3), (4), (1), (6), dan (5)

c.(2), (3), (1), (4), (6), dan (5)

d.(2), (3), (1), (4), (5), dan (6)

e.(6), (2), (3), (1), (4), dan (5)✔️


8. Pompa A mampu memompa air dengan debit 80 liter/menit dan pompa B dengan 100 liter𝑟/menit. Kedua pompa tersebut digunakan secara bersama-sama untuk menguras air sebanyak 72.000 liter. Setelah lima jam pertama pemakaian ternyata pompa A rusak sedangkan pompa B tetap bisa digunakan hingga selesai. Lama waktu untuk menguras seluruh isi kolam tersebut adalah... 𝑗𝑎𝑚.

a.5

b.6

c.7

d.8✔️

e.9



DAFTAR SOAL PPG GURU KELAS SD