Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PPG TIK SD 21 Bahan Ajar Pokok, Remedial, dan Pengayaan Pembelajaran Tematik berbasis TIK

Soal PPG TIK SD 21 Materi Bahan Ajar Pokok, Remedial, dan Pengayaan Pembelajaran Tematik berbasis TIK:

1. Materi pembelajaran di SD yang relevan dengan tujuan pembelajaran “melalui percobaan mendorong meja, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda” adalah ...

A. Materi pembelajaran memuat paling tidak prinsip tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda.

B. Materi pembelajaran memuat paling tidak konsep tentang gaya dan gerak.

C. Materi pembelajaran memuat paling tidak prosedur tentang cara mendorong meja supaya terasa ringan.

D. Materi pembelajaran paling tidak memuat kekuatan dan kelemahan peserta didik ketika belajar tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda.

E. Materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur tentang gaya dan gerak secara lengkap dan mendetail.✔️


2. Karakteristik materi pembelajaran berikut relevan dengan karakteristik anak usia SD, kecuali …

A. Materi pembelajaran dikembangkan secara mendalam dan mendetail.

B. Materi pembelajaran dikembangkan secara meluas dilengkapi ilustrasi- ilustrasi yang relevan.✔️

C. Materi pembelajaran dikemas secara menarik untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik.

D. Materi pembelajaran dikemas dengan teks yang mudah dibaca oleh peserta didik.

E. Materi pembelajaran dikemas secara terurut dari mudah ke sukar, dan konkret ke abstrak.


3. Susunan materi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik anak usia SD adalah …

A. Materi pembelajaran dimulai dari fakta untuk memudahkan pemahaman, selanjutnya konsep dan prinsip, serta prosedur yang relevan dengan materi pembelajaran dalam kompetensi dasar.

B. Materi pembelajaran dimulai dari konsep, prinsip, prosedur, dan diakhiri dengan fakta yang relevan dengan materi pembelajaran dalam kompetensi dasar untuk memudahkan pemahaman.

C. Materi pembelajaran dapat dimulai dari apa saja karena guru memiliki otoritas untuk mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif.✔️

D. Materi pembelajaran dimulai dari prosedur, prinsip, konsep, dan diakhiri dengan fakta yang relevan dengan materi pembelajaran dalam kompetensi dasar untuk memudahkan pemahaman.

E. Materi pembelajaran dimulai dari hal-hal yang konkret dan dilanjutkan kepada hal-hal yang lebih abstrak dengan dominasi pada hal-hal yang abstrak untuk melatih kemampuan abstraksi.


4. Berikut merupakan cara merancang program remedial berdasarkan informasi hasil penilaian pada aspek pengetahuan, kecuali …

A. Metode pembelajaran yang diterapkan disesuaikan dengan kesulitan belajar peserta didik.✔️

B. Metode pembelajaran yang diterapkan sama dengan metode pembelajaran yang telah diterapkan sebelumnya.

C. Memberi bimbingan secara perorangan bila terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda.

D. Memberi bimbingan secara kelompok bila terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan belajar yang sama.

E. Memberi bimbingan dengan memanfaatkan tutor sebaya baik secara individu maupun kelompok.


5. Seorang guru kelas IV SD telah mengembangkan materi pembelajaran pada muatan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang Hubungan antara Gaya dan Gerak Benda yang relevan dengan tujuan pembelajaran “Melalui mencoba mendorong benda-benda di sekitar kelas, peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak benda”. Materi pembelajaran yang dikembangkan oleh guru tersebut terdiri dari:

• Definisi Gaya

• Definisi Gerak

• Jenis-jenis Gaya

• Jenis-jenis Gerak

• Manfaat Gaya untuk Kehidupan

• Contoh-contoh Benda yang Memanfaatkan Konsep Gaya

Pernyataan berikut yang paling tepat tentang materi pembelajaran yang telah dikembangkan oleh guru di atas adalah …

A. Materi pembelajaran yang telah dikembangkan belum memenuhi materi pembelajaran minimal yang terdapat pada kompetensi dasar berupa prinsip tentang hubungan antara gaya dan gerak benda.

B. Materi pembelajaran yang telah dikembangkan telah memenuhi materi pembelajaran minimal yang terdapat pada kompetensi dasar berupa prinsip tentang hubungan antara gaya dan gerak benda.✔️

C. Materi pembelajaran yang telah dikembangkan belum memenuhi materi pembelajaran minimal yang terdapat pada kompetensi dasar berupa konsep tentang hubungan antara gaya dan gerak benda.

D. Materi pembelajaran yang telah dikembangkan belum memenuhi materi pembelajaran minimal yang terdapat pada kompetensi dasar berupa konsep tentang gaya dan gerak benda.

E. Materi pembelajaran yang telah dikembangkan telah memenuhi materi pembelajaran minimal yang terdapat pada kompetensi dasar berupa konsep tentang gaya dan gerak benda.


6. Seorang guru kelas I SD telah merancang materi pembelajaran tentang Tema “Diriku” yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik yang senang bermain, berkelompok, berimajinasi, dan berpikir konkret.

Rancangan materi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik di atas seharusnya memiliki ciri–ciri berikut, kecuali …

A. Materi pembelajaran dikembangkan secara mendalam dan mendetail.

B. Materi pembelajaran dikemas secara menarik untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik.

C. Materi pembelajaran dikemas dengan teks yang mudah dibaca oleh peserta didik.

D. Materi pembelajaran dikembangkan secara meluas dilengkapi ilustrasi- ilustrasi yang relevan.✔️

E. Materi pembelajaran dikemas secara terurut dari mudah ke sukar, dan konkret ke abstrak.


7. Berikut merupakan pengolahan hasil penilaian pada aspek kompetensi pengetahuan mata pelajaran Bahasa Indonesia SD dengan KKM sebesar 80,00.

Nama; Siswa; Nilai; Keterangan;

Adi; 70,00; Butuh bimbingan dalam hal membaca;

Beni; 75,00; Butuh bimbingan dalam hal membaca;

Desi; 82,00; -;

Fitri; 70,00; Butuh bimbingan dalam hal membaca;

Program remedial yang relevan dengan hasil penilaian di atas adalah …

A. Guru membimbing peserta didik secara kelompok dengan memfasilitasi pengalaman belajar yang berbeda dengan pengalaman belajar sebelumnya.

B. Guru menugaskan peserta didik yang unggul untuk membantu guru dalam membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dengan menerapkan metode yang telah diterapkan sebelumnya.

C. Guru membimbing peserta didik secara individual dengan memfasilitasi pengalaman belajar yang sama dengan pengalaman belajar sebelumnya.✔️

D. Guru membimbing peserta didik secara kelompok dengan memfasilitasi pengalaman belajar yang sama dengan pengalaman belajar sebelumnya.

E. Guru membimbing peserta didik secara individual dengan memfasilitasi pengalaman belajar yang berbeda dengan pengalaman belajar sebelumnya.


8. Seorang guru SD melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar tematik berbasis TIK. Selama pembelajaran berlangsung, guru hanya menayangkan bahan ajar yang telah dikemasnya secara audio-visual dalam bentuk powerpoint (ppt) dan dilanjutkan dengan memberikan lembar tes untuk diisi oleh peserta didik.

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang aktivitas guru selama pembelajaran tersebut?

A. Guru telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik dengan memanfaatkan TIK selama pembelajaran berlangsung.

B. Guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan abad ke-21 dan menyiapkan peserta didik pada Era Revolusi Industri 4.0.

C. Guru keliru memahami peran TIK sebagai alat pendukung pembelajaran, sehingga cenderung menggantikan perannya sebagai seorang guru.✔️

D. Guru telah menempatkan TIK sesuai dengan perannya sehingga peserta didik aktif selama pembelajaran berlangsung.

E. Guru keliru menggunakan bahan ajar berbasis TIK karena bahan ajar berbasis TIK pada umumnya akan membuat peserta didik menjadi pasif.


9. Berikut merupakan cara yang tepat untuk memfasilitasi peserta didik yang teridentifikasi memiliki permasalahan terkait materi pembelajaran yang dikemas dalam bahan ajar cetak adalah …

A. Menerapkan metode pembelajaran yang variatif sesuai dengan karakteristik peserta didik.

B. Mengembangkan bahan ajar untuk pembelajaran remedial berbasis TIK supaya menarik dan memudahkan peserta didik memahaminya.✔️

C. Mengembangkan bahan ajar untuk pembelajaran berikutnya berbasis TIK supaya lebih efektif.

D. Mengembangkan bahan ajar cetak dengan penampilan yang menarik dan jelas untuk pembelajaran remedial.

E. Menggunakan kemabali bahan ajar cetak yang telah dikembangkan untuk pembelajaran remedial dengan metode yang berbeda.


10. Berikut merupakan pernyataan yang tepat tentang bahan ajar tematik berbasis TIK untuk pembelajaran pengayaan di SD kelas awal adalah …

A. Bahan ajar dikembangkan untuk setiap mata pelajaran yang terikat pada tema pembelajaran menggunakan dukungan TIK.

B. Bahan ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur seperti bahan ajar pokok dalam pembelajaran harian dengan mengintegrasikan TIK.

C. Bahan ajar memuat konsep tentang TIK dan pemanfaatannya dalam pembelajaran di SD.

D. Bahan ajar dikemas secara tematik dengan memadukan seluruh mata pelajaran yang terikat pada tema dengan memanfaatkan TIK sebagai alat pendukung pembelajaran.

E. Bahan ajar dikemas secara lebih mendalam dan meluas berbasis tema yang memadukan seluruh mata pelajaran dengan memanfaatkan TIK sebagai alat pendukung pembelajaran.✔️



DAFTAR SOAL PPG GURU KELAS SD