Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PPG TIK SD 24 Aplikasi Pembelajaran Tematik berbasis TIK

Soal PPG TIK SD 24 Materi Aplikasi Pembelajaran Tematik berbasis TIK:

1. Aplikasi pembelajaran di SD yang relevan untuk tujuan pembelajaran “melalui mengukur tinggi dan berat badan peserta didik di kelas, peserta didik dapat mengelompokkan kriteria berat badan peserta didik laki-laki dan perempuan menggunakan diagram batang ganda” adalah ...

A. Microsoft Powerpoint.

B. Microsoft Word.

C. Microsoft Excel.✔️

D. Corel Draw.

E. Macromedia Flash.


2. Seorang guru kelas menampilkan stimulus pembelajaran berbentuk gambar diam dan materi pembelajaran tentang kebakaran hutan yang relevan dengan tema dan subtema pembelajaran menggunakan aplikasi Microsoft Word yang ditayangkan dengan proyektor.

Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang aplikasi yang digunakan oleh guru tersebut? …

A. Aplikasi yang dipilih tepat karena Microsoft Word memiliki fasilitas untuk menampilkan berbagai teks untuk kepentingan pembelajaran.

B. Aplikasi yang dipilih tepat karena Microsoft Word paling mudah dan biasa digunakan oleh guru untuk kepentingan pembelajaran.

C. Aplikasi yang dipilih kurang tepat karena untuk menampilkan gambar diam dan materi pembelajaran sebaiknya menggunakan Microsoft Excel.

D. Aplikasi yang dipilih kurang tepat karena untuk menampilkan gambar diam dan materi pembelajaran sebaiknya menggunakan Microsoft Powerpoint.✔️

E. Aplikasi yang dipilih guru harus disesuaikan dengan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakannya.


3. Seorang guru kelas menugaskan setiap kelompok untuk menulis laporan hasil wawancara kelompok tentang berbagai profesi masyarakat di sekitar sekolah. Sebaiknya setiap kelompok ditugaskan untuk menuliskan laporan hasil wawancara menggunakan aplikasi …

A. Microsoft Powerpoint.

B. Microsoft Word.✔️

C. Microsoft Excel.

D. Corel Draw.

E. Macromedia Flash.


4. Dalam pembelajaran Matematika di kelas VI SD, guru menugaskan setiap peserta didik untuk melakukan eksplorasi matematis tentang Teorema Pitagoras dalam mencari panjang sisi miring berbagai segitiga siku-siku. Aplikasi yang tepat dapat digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah …

A. Macromedia Flash.

B. Geogebra.

C. Geometer Scetchpad.✔️

D. Microsoft Excel.

E. Corel Draw.


5. Seorang guru kelas menggunakan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK yang telah tersedia secara pabrikan di pasaran. Aplikasi pembelajaran tersebut memindahkan materi-materi pembelajaran yang terdapat dalam Buku Guru dan Buku Siswa untuk semua tema, subtema, dan pembelajaran sehingga guru selama pembelajaran berlangsung hanya menayangkan aplikasi pembelajaran tersebut melalui proyektor dan diakhiri dengan menutup pembelajaran. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang pembelajaran menggunakan aplikasi pembelajaran tematik berbasis TIK oleh guru tersebut?

A. Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut dapat memotivasi peserta didik untuk belajar.

B. Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

C. Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut relevan dengan konten kurikulum yang sedang berlaku.

D. Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut telah menggantikan peran Buku Guru dan Buku Siswa sebagai bahan ajar.

E. Pembelajaran menggunakan aplikasi tersebut menggantikan peran guru 

selama pembelajaran berlangsung.✔️


6. Seorang guru kelas di kelas 1 SD menggunakan aplikasi Microsoft Powerpoint untuk membuat media pembelajaran berbentuk slide powerpoint yang diproyeksikan menggunakan proyektor. Teks yang digunakan dalam slide tersebut dominan berbentuk tulisan dengan sedikit ilustrasi.

Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang media yang dikembangkan menggunakan aplikasi tersebut?

A. Media pembelajaran yang digunakan akan membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran yang abstrak.

B. Media pembelajaran yang digunakan efektif untuk menyampaikan pesan berbentuk materi pembelajaran kepada peserta didik.

C. Media pembelajaran yang digunakan aman untuk peserta didik karena tidak mengandung bahan yang berbahaya.

D. Media pembelajaran yang digunakan seharusnya lebih banyak ilustrasi gambar karena peserta didik masih berpikir konkret.✔️

E. Media pembelajaran yang digunakan sebaiknya mengandung teks berbentuk tulisan dan gambar dengan proporsi seimbang.


7. Seorang guru SD melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tematik berbasis TIK. Selama pembelajaran berlangsung, guru hanya menayangkan media pembelajaran yang telah dikemasnya secara audio- visual menggunakan aplikasi Microsoft Powerpoint dan dilanjutkan dengan memberikan lembar tes untuk diisi oleh peserta didik.

Bagaimana menurut pendapat Anda tentang aktivitas guru selama pembelajaran tersebut?

A. Guru telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik dengan memanfaatkan aplikasi berbasis TIK selama pembelajaran berlangsung.

B. Guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan abad ke- 21 dan menyiapkan peserta didik pada Era Revolusi Industri 4.0.

C. Guru keliru memahami peran aplikasi berbasis TIK sebagai alat pendukung pembelajaran, sehingga cenderung menggantikan perannya sebagai seorang guru.✔️

D. Guru telah menempatkan aplikasi berbasis TIK sesuai dengan perannya sehingga peserta didik aktif selama pembelajaran berlangsung.

E. Guru keliru menggunakan media pembelajaran berbasis TIK karena aplikasi berbasis TIK pada umumnya akan membuat peserta didik menjadi pasif.


8. Berikut merupakan pernyataan yang tepat tentang aplikasi berbasis TIK untuk pembelajaran di SD adalah …

A. Aplikasi berbasis TIK akan membuat peserta didik pasif selama pembelajaran berlangsung.

B. Aplikasi berbasis TIK akan menyulitkan guru dan peserta didik untuk menggunakannya selama pembelajaran berlangsung.

C. Aplikasi berbasis TIK dapat menjauhkan peserta didik dengan konteks dunia nyata.

D. Aplikasi berbasis TIK relevan dengan peserta didik yang telah berpikir abstrak.

E. Aplikasi berbasis TIK memerlukan kontrol yang ketat oleh guru agar peserta didik aman secara fisik dan mental.✔️


9. Pada Era Pendidikan 4.0 sedang dikembangkan sebuah aplikasi pembelajaran jarak jauh yang dapat mengidentifikasi kebutuhan dan gaya belajar setiap peserta didik. Pembelajaran yang menggunakan aplikasi tersebut disebut …

A. Adaptive Learning.✔️

B. ICT Based Learning.

C. E-Learning.

D. Online Based Learning.

E. Open Learning.


10. Seorang guru kelas telah menyusun soal-soal objektif berbentuk pilihan banyak untuk dikerjakan oleh setiap peserta didik di rumahnya. Untuk mengurangi penggunaan kertas, guru tersebut mengirimkan soal-soal tersebut kepada setiap peserta didik menggunakan WhatsApp dalam format doc. Microsoft Word. Bagaimanakah menurut pendapat Anda tentang penggunaan aplikasi pengembangan soal oleh guru tersebut?

A. Aplikasi yang digunakan oleh guru sangat tepat untuk mengurangi penggunaan kertas oleh peserta didik.

B. Aplikasi yang digunakan oleh guru tepat karena mudah dikirimkan lewat fasilitas WhatsApp.

C. Sebaiknya guru menggunakan aplikasi penilaian seperti KAHOOT karena aplikasi Microsoft Word tidak memiliki fasilitas untuk menampilkan teks.

D. Sebaiknya guru menggunakan aplikasi penilaian seperti KAHOOT karena aplikasi Microsoft Word tidak memiliki fasilitas untuk mengolah data hasil belajar peserta didik.✔️

E. Sebaiknya guru menggunakan aplikasi penilaian seperti KAHOOT karena aplikasi Microsoft Word akan menyulitkan guru untuk memeriksa hasil kerja peserta didik.




DAFTAR SOAL PPG GURU KELAS SD