Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seorang raja atau kaisar dapat memerintah atau berkuasa sesuai dengan pandangan teori teokrasi disebabkan oleh ….

Seorang raja atau kaisar dapat memerintah atau berkuasa sesuai dengan pandangan teori teokrasi disebabkan oleh ….

a. diberi mandat oleh rakyatnya

b. dipilih oleh wakil rakyat

c. mampu melaksanakan perintah tuhan

d. asal usulnya dari dewa

e. mempunyai kelebihan yang diberikan oleh Tuhan


Kunci Jawaban dan Pembahasan Lengkap :

Pandangan teori teokrasi menyatakan bahwa seorang raja atau kaisar dapat memerintah atau berkuasa karena mampu melaksanakan perintah Tuhan. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah opsi c: mampu melaksanakan perintah Tuhan.


Teori teokrasi menganggap bahwa otoritas politik dan kekuasaan pemerintahan berasal dari Tuhan atau entitas ilahi lainnya. Dalam konteks ini, seorang raja atau kaisar dianggap sebagai perwakilan Tuhan di bumi dan memiliki kewenangan untuk memerintah serta membuat keputusan berdasarkan panduan agama atau wahyu yang diterima dari Tuhan.


Pilihan a (diberi mandat oleh rakyatnya) dan b (dipilih oleh wakil rakyat) tidak relevan dalam konteks teokrasi karena teokrasi bukan didasarkan pada mandat atau pemilihan oleh rakyat. Pilihan d (asal usulnya dari dewa) sebagian benar, tetapi tidak menjelaskan mengapa seorang raja atau kaisar dapat memerintah. Pilihan e (mempunyai kelebihan yang diberikan oleh Tuhan) juga sebagian benar, tetapi lebih tepat menggambarkan pandangan monarki ilahi daripada teokrasi.


Jadi, jawaban yang paling sesuai dengan pandangan teori teokrasi adalah opsi c: mampu melaksanakan perintah Tuhan.