Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sesuai dengan pendapat John Locke, suatu pemerintahan akan mampu menyelenggarakan pemerintahannya dengan baik apabila ….

Sesuai dengan pendapat John Locke, suatu pemerintahan akan mampu menyelenggarakan pemerintahannya dengan baik apabila ….

a. dipimpin seorang kaisar/raja

b. kekuasaannya terbatas

c. kekuasaannya mutlak (absolute)

d. dibentuk berdasarkan kontrak sosial

e. pemimpin yang ditunjuk Tuhan


Kunci Jawaban dan Pembahasan Lengkap :

Menurut John Locke, suatu pemerintahan akan mampu menyelenggarakan pemerintahannya dengan baik apabila kekuasaannya terbatas (jawaban b) dan dibentuk berdasarkan kontrak sosial (jawaban d).


Pendapat John Locke terkait dengan teori politiknya yang dikenal sebagai "kontrak sosial" atau "teori konstitusionalisme". Locke berpendapat bahwa pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang memerlukan persetujuan rakyat dan diatur oleh hukum yang adil dan rasional.


Pertama, Locke percaya bahwa kekuasaan pemerintahan harus terbatas. Menurutnya, pemerintahan yang memiliki kekuasaan mutlak (absolute) cenderung menyalahgunakan kekuasaannya dan melanggar hak-hak individu. Oleh karena itu, kekuasaan pemerintah harus dibatasi oleh hukum dan prinsip-prinsip yang melindungi hak-hak warga negara.


Kedua, Locke berpendapat bahwa pemerintahan harus dibentuk berdasarkan kontrak sosial antara penguasa dan rakyat. Kontrak sosial adalah kesepakatan antara individu-individu untuk membentuk suatu pemerintahan yang akan melindungi hak-hak dan kepentingan bersama. Pemerintahan yang dihasilkan dari kontrak sosial ini harus bekerja untuk kepentingan rakyat dan beroperasi sesuai dengan persetujuan dan konsensus yang dicapai.


Dalam konteks ini, opsi a (dipimpin seorang kaisar/raja) dan opsi e (pemimpin yang ditunjuk Tuhan) tidak sesuai dengan pandangan Locke. Locke menentang bentuk pemerintahan absolutisme atau monarki mutlak, di mana kekuasaan seorang kaisar atau raja tidak dibatasi oleh hukum atau persetujuan rakyat. Locke juga tidak menganggap bahwa pemimpin dipilih atau ditunjuk oleh Tuhan, melainkan bahwa pemimpin dipilih oleh rakyat melalui kontrak sosial.


Dengan demikian, jawaban yang benar sesuai dengan pendapat John Locke adalah b. kekuasaannya terbatas dan d. dibentuk berdasarkan kontrak sosial.