Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut manfaat biologi di bidang peternakan adalah… A. Memperbanyak dengan tehnik kultur jaringan B. Membuat antibody monoclonal C. Membuat vaksin pencegah penyakit virus SARS D. Terapi gen transgenic menghasilkan susu sapi lebih berkualitas E. Mengahsilkan insulin

Berikut ini Pembahasan Soal dan Kunci Jawaban Biologi Materi Ruang Lingkup Biologi: 

Soal:

Berikut manfaat biologi di bidang peternakan adalah…

A. Memperbanyak dengan tehnik kultur jaringan

B. Membuat antibody monoclonal

C. Membuat vaksin pencegah penyakit virus SARS

D. Terapi gen transgenic menghasilkan susu sapi lebih berkualitas

E. Mengahsilkan insulin


Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Manfaat biologi di bidang peternakan melibatkan aplikasi berbagai teknologi biologi untuk meningkatkan produksi, kesehatan, dan kualitas hewan ternak. Pilihan jawaban yang paling relevan dengan bidang peternakan adalah:

D. Terapi gen transgenic menghasilkan susu sapi lebih berkualitas

Pilihan ini merujuk pada penggunaan teknologi terapi gen dalam menciptakan hewan ternak transgenik yang memiliki karakteristik atau sifat yang diinginkan, seperti menghasilkan susu dengan kualitas yang lebih baik. Teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan produksi susu, meningkatkan kandungan nutrisi, atau bahkan membuat susu lebih mudah diproses.

Pilihan A, B, C, dan E lebih terkait dengan aplikasi biologi dalam konteks lain, seperti kultur jaringan untuk reproduksi tanaman (A), produksi antibody monoclonal untuk pengobatan (B), pembuatan vaksin untuk pencegahan penyakit manusia (C), dan produksi insulin melalui rekayasa genetika (E). Meskipun teknologi ini penting dalam konteks biologi, tetapi tidak secara langsung terkait dengan bidang peternakan.