Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Struktur anatomi batang monokotil dan dikotil berbeda dalam hal-hal berikut, kecuali ....

Berikut ini Pembahasan Soal dan Kunci Jawaban Biologi Materi Jaringan Tumbuhan: 

Soal:

Struktur anatomi batang monokotil dan dikotil berbeda dalam hal-hal berikut,

kecuali ....

A. letak epidermis

B. letak korteks

C. letak jaringan pengangkut

D. struktur jaringan dasar

E. struktur empulur


Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

1. Letak korteks: pada batang monokotil, letak korteks tidak jelas karena tidak dapat dibedakan dengan empulur. Sementara itu, pada batang dikotil letaknya jelas, yaitu di antara epidermis dan silinder pusat (stele).

2. Letak jaringan pengangkut: pada batang monokotil, letak jaringan pengangkutnya tersebar, sehingga daerah korteks dan daerah silinder pusat sulit dibedakan.

3. Sementara itu, pada batang dikotil, letak jaringan pengangkutnya teratur, sehingga daerah korteks dan silinder pusat mudah dibedakan.

4. Struktur jaringan dasar: jaringan dasar pada batang monokotil tidak dapat dibedakan menjadi korteks dan empulur. Sementara itu, pada batang dikotil, dapat dibedakan menjadi korteks dan empulur.

5. Struktur empulur: pada batang monokotil, empulur  meluas hingga akar dan batang, serta diapit oleh xilem dan _ oem secara berselang-seling. Sementara itu, pada batang dikotil, empulur terletak di pusat batang dan ditemukan pada batang yang masih muda atau tanaman tidak berkayu.

Jadi, struktur anatomi batang monokotil dan dikotil tidak berbeda dalam hal letak epidermis, yaitu sama-sama di bagian terluar dari batang.