Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips untuk Membangkitkan Motivasi Menabung, Jangan Kendor!

Tips untuk Membangkitkan Motivasi Menabung, Jangan Kendor!


Membangkitkan dan mempertahankan motivasi untuk menabung dan investasi bukan perkara mudah. Godaannya beragam, mulai dari belanja online, jajan kekinian, hingga liburan. Ujung-ujungnya, menabung dan investasi hanyalah angan-angan.


Nyatanya, menghabiskan uang untuk senang-senang lebih mudah daripada menyimpan uang untuk tujuan keuangan di masa depan. Coba tanyakan ke diri sendiri, sudahkah kamu mengelola keuangan dengan baik? Sudahkah kamu memiliki nilai ideal untuk dana darurat dan investasi?


Jika kamu kesulitan untuk memulai, kini saatnya untuk sadar. Berikut ini tips untuk membangkitkan motivasi menabung dan investasi. Apa saja?


1. Ingat bahwa roda kehidupan selalu berputar


Jika situasi finansial kamu saat ini penuh dengan kemudahan, bersyukurlah, ingatlah bahwa kamu gak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di lain hari. Coba pikirkan jika kamu tiba-tiba kehilangan pekerjaan dan pendapatan berkurang? Cukupkah dana darurat dan investasimu untuk membiayai kehidupan sehari-hari?


Bisa saja hari ini hidup berkecukupan, tetapi di minggu selanjutnya atau keesokan harinya berubah 180 derajat. Tiba-tiba terkena PHK atau bahkan perusahaanmu ternyata bangkrut. Amit-amit!


Biasakan diri untuk mulai menabung dan investasi. Tidak perlu langsung dengan nominal besar, sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit kalau kamu konsisten dan disiplin.


2. Harus siap jika mengalami kejadian tak terduga


Banyak hal yang bisa terjadi di luar kendali kita, sakit, kecelakaan, dan berbagai musibah lainnya. Tentu itu semua membutuhkan uang yang tidak sedikit. Bayangkan seperti apa nasibmu, jika tidak memiliki uang tabungan sepeser pun ketika musibah datang.


Sudah saatnya kamu punya kesadaran dan membiasakan diri untuk menggunakan gaji bulanan dengan bijak. Jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat serta mempertimbangkan asuransi, seperti asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan dan jiwa, juga asuransi pendidikan kalau kamu sudah punya anak.


3. Ingat tujuan keuangan di masa depan


Tumbuhkan motivasi menabung dengan mengingat tujuan keuangan di masa depan. Misalnya, kamu ingin punya rumah, buka usaha, traveling, atau menunaikan ibadah haji/umrah.


Apa pun tujuan keuangan kamu, yakinlah bahwa suatu hari kamu bisa mewujudkan impianmu. Naik haji contohnya, atau investasi saham atau reksadana yang tujuannya untuk jangka panjang.


Mulai rencanakan dari sekarang. Kuncinya tetap disiplin dan konsisten demi mewujudkan impian kamu itu.


4. Demi meraih kebebasan finansial di hari tua


Jika kamu masih sulit untuk memunculkan motivasi menabung dan investasi, cobalah ingatlah hal ini. Jika nanti memasuki masa pensiun, kamu ingin hidup seperti apa? Sudah cukupkah uang pensiunmu?


Jangan sampai kamu merepotkan anak untuk membiayai hidup kamu di hari tua. Jadi mulailah mempersiapkan masa tua dengan memiliki dana pensiun yang cukup. Supaya di masa tua nanti kamu bisa tetap bahagia karena finansial tercukupi.


Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memulai investasi yang cocok untuk mempersiapkan dana pensiun. Bisa berupa saham, reksadana, atau tabungan emas.


5. Menabung dan investasi bisa membuatmu kaya


Jadi kaya raya bisa menjadi motivasi menabung dan investasi yang kamu tanamkan dalam diri. Ada banyak contoh orang sukses yang berhasil kaya raya berkat investasi. Untuk itu, jangan ragu untuk punya tabungan dan investasi.


Keuntungan investasi memang tidak bisa dirasakan dalam sekejap. Butuh waktu dan kesabaran untuk memetik hasilnya. Jangan gampang tergiur dengan investasi bodong yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat, ya!


Apa pun yang sedang kamu tekuni saat ini, pasti butuh motivasi kuat yang datang dari dalam diri sendiri. Abaikan gengsi dan optimis wujudkan mimpi.


Jangan menunda-nunda, kamu harus jadi generasi anti-nanti. Mulai perbaiki kondisi keuangan dan miliki tabungan dan investasi untuk masa depan keuangan yang lebih baik lagi!