Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Perilaku Menyimpang Menurut Ahli Paul dan Chester

Ciri-Ciri Perilaku Menyimpang Menurut Ahli Paul dan Chester - Semakin hari perilaku menyimpang yang terjadi dalam masyarakat semakin  meningkat.  Hal  ini  mendorong  banyak  ahli meneliti mengenai ciri-ciri perilaku menyimpang di masyarakat.

Menurut Paul B. Horton dan Chester L. Hunt (1996), ciri-ciri perilaku menyimpang sebagai berikut.

a. Suatu perbuatan disebut menyimpang bilamana perbuatan itu dinyatakan sebagai menyimpang.

b. Penyimpangan terjadi sebagai konsekuensi dari adanya peraturan dan penerapan sanksi yang dilakukan oleh orang lain terhadap si pelaku menyimpang.

c. Ada perilaku menyimpang yang bisa diterima dan ditolak.

d. Mayoritas orang tidak sepenuhnya menaati peraturan sehingga ada bentuk penyimpangan yang relatif atau tersamar dan ada yang mutlak.

e. Penyimpangan bisa terjadi terhadap budaya ideal dan budaya real. Budaya ideal merupakan tata kelakuan dan kebiasaan yang secara formal disetujui dan diharapkan diikuti oleh anggota masyarakat. Sedangkan budaya real mencakup hal-hal yang betul-betul mereka laksanakan.

f. Apabila ada peraturan hukum yang melarang suatu perbuatan yang ingin sekali diperbuat banyak orang, biasanya muncul norma penghindaran.

Demikianlah uraian materi IPS Sosiologi tentang Ciri-Ciri Perilaku Menyimpang Menurut Ahli Paul dan Chester - Semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi teman-teman semua. Sekian dan terima kasih. Jangan lupa untuk berbagi yah.