PPG Tugas Akhir IPS

    PPG Tugas Akhir IPS - Bagi bapak/ibu yang mencari materi PPG Tugas Akhir IPS, berikut ini kami tampilkan salinan dan reviewnya via gdrive.

    Uraian Materi KB1
    Dalam KB 1 ini, memaparkan tentang manusia, tempat dan lingkungan. Konsep-konsep tentang manusia, tempat dan lingkungan akan menjadi kajian utama kita dalam KB 1 ini. Topik pertama yang akan kita bahas adalah sebagai berikut.
    PPG Tugas Akhir IPS - JALURPPG.ID

    1. Manusia
    Manusia adalah mahhuk yang sempurna karena diberikan akal untuk berfikir dan menyadari bahwa manusia itu berbeda dengan makhluk-makhluk lainnya.

    a. Makhluk Individu
    Manusia sebagai individu artinya sebagai “orang atau seorang; pribadi orang (terpisah dari yang lain)

    b. Makhluk Sosial
    Manusia sebagai makhluk sosial artinya adalah bahwa manusia dalam kehidupannya selalu berhubungan dan membutuhkan manusia lain.

    c. Makhluk Budaya
    Manusia dikatakan sebagai makhluk budaya karena budaya itu sebenarnya dipelajari dan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam suatu masyarakat. Hal-hal yang dianggap baik, perlu untuk dipertahankan dan diteruskan pada generasi berikutnya serta mungkin saja suatu masyarakat menganggap bahwa hal-hal tertentu tersebut ada yang perlu untuk diubah atau diperbaiki dalam budaya mereka itu.

    2.  Tempat dan Ruang
    ...

    Uraian Materi KB2
    Dalam KB 2 ini, membahas materi tentang waktu, perubahan dan sistem sosial budaya. Mengawali pembahasan kita dengan topik ini, Anda terlebih dulu akan disajikan dengan konsep waktu dalam kajian ilmu sejarah karena konsep waktu sangat penting dalam rangka mengetahui kejadian atau peristiwa pada masa lalu dan perkembangannya sampai saat ini.

    1. Waktu
    Waktu artinya adalah “seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung”
    a. Arti dan Makna Sejarah
    Kata sejarah dalam Bahasa Inggris adalah "history" . Kata history sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani, yaitu “historia” yang berarti “apa yang diketahui karena penyelidikan” sehingga kata history ini hampir berarti "ilmu pengetahuan".

    b. Konsep Sejarah
    • Sejarah sebagai Peristiwa
    • Sejarah sebagai kisah
    • Sejarah sebagai ilmu

    c. Metode Sejarah
    Metode sejarah terdiri dari teknik dan pedoman yang digunakan sejarawan terhadap sumber primer dan bukti lainnya termasuk juga bukti arkeologi. Dalam metode sejarah terdapat empat tahapan yang harus dilewati. Keempat tahapan tersebut yakni heuristik, kritik atau verifikasi, interpretasi dan historiografi.

    2. Keberlanjutan dan Perubahan
    Dalam mempelajari ilmu sejarah rangkaian peristiwa yang ada adalah peristiwa yang berkelanjutan. ...

    Uraian Materi KB3
    Perilaku ekonomi dan kesejahteraan merupakan topik yang akan kita bahas dalam KB 3 ini.

    1. Perilaku, Motif dan Prinsip Ekonomi
    a. Perilaku Ekonomi
    Manusia melakukan berbagai perilaku ekonomi dalam upaya untuk bertahan hidup. Setiap individu memiliki kebutuhan masing-masing. Dalam sebuah keluarga menerapkan perilaku ekonomi pada anak-anak sejak dini agar kelak mampu menjalankan kehidupan ekonomi di masa datang. Seorang ibu dalam sebuah keluarga melakukan perilaku ekonomi dengan mengatur penghasilan keluarganya. Ketika mendapatkan uang bulanan, ibu pasti akan membagi berbagai kebutuhan keluarga untuk satu bulan ke depan dengan melakukan pengaturan belanja makanan yang dikonsumsi oleh keluarga secara rutin.

    b. Motif Ekonomi
    Segala sesuatu itu tergantung dari niatnya artinya bahwa segala kegiatan yang kita lakukan harus dibarengi dengan niat kita. Setiap orang pasti memiliki alasan tertentu ketika melakukan suatu kegiatan misalnya saja seseorang bekerja dengan niat untuk mendapatkan uang dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Motif merupakan alasan atau niat dari suatu kegiatan. Semua yang dilakukan manusia pasti ada dorongan atau alasan tertentu. Dengan demikian, motif ekonomi adalah sebuah alasan tertentu yang mendasari seseorang dalam melakukan aktivitas perekonomian baik lingkup kecil maupun lingkup besar.
    ...

    Uraian Materi KB4

    1. Hakikat IPTEK
    Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) merupakan satu kesatuan yang sulit untuk dipisahkan karena sama-sama berperan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Ilmu pengetahuan digunakan untuk mengetahui apa sedangkan teknologi digunakan untuk mengetahui bagaimana.
    2. Perkembangan IPTEK dan Kehidupan Manusia
    IPTEK merupakan aktivitas yang  kompleks dari  manusia, keduanya merupakan bagian dari kehidupan manusia yang satu sama lain saling berhubungan dan saling mempengaruhi. IPTEK dikontrol dan diarahkan oleh manusia. Sebaliknya IPTEK juga memberikan keuntungan pada kehidupan manusia dalam memberikan kemungkinan untuk mengatasi berbagai masalah dan persoalan yang timbul dalam kehidupan manusia.
    Pengaruh positif dari perkembangan IPTEK dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi antara lain:
    a. Cepat mendapatkan informasi akurat dan terbaru dari seluruh pelosok dunia.
    b. Dapat berkomunikasi dengan keluarga, kerabat dan teman yang berada sangat jauh.
    c. Dapat memperoleh layanan bank dengan sangat mudah.

    Sedangkan perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia dalam ....

    Selengkapnya lihat previewnya disini....


    Demikianlan informasi tentang PPG Tugas Akhir IPS , semoga ada manfaatnya. jangan lupa untuk bagikan agar lebih bermanfaat.

    MATERI KELAS 7 (BUKA DISINI) - KELAS 8 (BUKA DISINI) - KELAS 9 (BUKA DISINI) - KELAS 10 (BUKA DISINI) - KELAS 11 (BUKA DISINI) - KELAS 12 (BUKA DISINI)
    Ramai pengunjung telah membagikan ini,ayo ikutan berbagi. Kllk salah satu icon share dibawah...