السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين

Soal AKM SMA Literasi 3 Gaya Hidup


 

TRANSKRIP

Soal AKM SMA/MA/SMK Lengkap - Lihat disini

Soal AKM SMP/MTs Lengkap - Lihat disini


KAUM MUDA RELA UTANG DEMI GAYA HIDUP

Soal AKM SMA Literasi 3 Gaya Hidup - www.jalurppg.id


Klik Fakta atau Mitos pada setiap pernyataan berikut!
Cermatilah infografis di samping dan klik pada pernyataan yang termasuk fakta atau mitos pada kolom yang tersedia!
Pernyataan Fakta Mitos
Seseorang pura-pura tidak tahu tentang utang.

Generasi yang lahir di tahun 90an termasuk generasi milenial.

Peminjam  seringkali  menghindari  penagih  utang  dengan berbagai cara.

Pemberi utang akan lebih hati-hati ketika menagih utang.
 
EVAN, UTANG & GAYA HIDUP

Selepas makan siang ini, Evan segera kembali ke kantor. Namun, dalam perjalanan tiba-tiba dia melihat sebuah sepatu yang sangat bagus, tanpa pikir panjang Evan menuju toko tersebut dan melihatnya. “Wuah..bagus, bisa pamer ke teman-teman nih!” teriaknya dalam hati. “tapi kenapa harganya mahal sekali?” keluhnya. Evan masih berpikir apakah akan membelinya atau tidak karena bulan tersebut banyak tagihan yang perlu dibayarkan. Tiba-tiba telepon Evan bergetar. Sebuah pesan masuk yang isinya tagihan bulan lalu yang harus dibayar. Membaca pesan tersebut membuat Evan menjadi bingung.

Tahukah kalian jika orang yang suka memaksakan gaya hidupnya tetapi tidak menyadari kondisi keuangannya yang kurang baik maka orang tersebut dapat dikategorikan orang yang memiliki rasa inferior? Biasanya, saat seseorang memiliki rasa inferior, dia ingin naik ke atas. Bentuknya dengan ikut bergaya agar ada pengakuan. Orang yang memiliki rasa inferior itu rupanya ingin menjadi sosok yang superior dengan menggunakan barang mewah dan mahal meski tak sesuai dengan kemampuan finansialnya. Sehingga dia sendirilah yang akan bingung menanggung utang dari keinginannya untuk bergaya.

Usia muda diidentikkan dengan kebebasan untuk melakukan apa saja. Tetapi jika sudah menyangkut dengan keuangan, apakah akan tetap seperti itu? Anak zaman sekarang cenderung tidak memedulikan hal   finansial   sehingga   beberapa   dari   mereka   akan   kebingungan   karena   dikejar-kejar   utang.

Jika kalian bisa mengelola dengan baik antara penghasilan dan pengeluaran, tidak akan menjadi masalah, tetapi jika tidak mampu mengelola dengan baik, bagaimana? Mungkin kalian harus menghindari lingkungan yang memaksakan kalian untuk melakukan hal itu, seperti merasa wajib bergaya dan berfoya-foya. Dan jangan sampai pandangan kalian mulai kabur antara kebutuhan dan keinginan.

Sampai saat ini masih banyak anak-anak muda yang berani mencari utang sana sini demi gaya hidup. Jadi, gaya bukanlah jawaban untuk meningkatkan harkat hidup! Faktanya cukup dengan ilmu pengetahuan, kepercayaan diri, dan sopan-santun, sudah menjadi sosok yang jauh lebih berarti.
Klik pada beberapa pilihan jawaban!

Evan ingin membeli sepatu baru edisi terbatas padahal dia memiliki banyak tagihan utang. Mengapa Evan bertindak demikian?
Dia ingin menambah koleksi sepatunya
Dia hanya ingin diakui oleh teman-temannya 
Dia ingin dianggap sebagai orang yang berada
Dia ingin menghabiskan uangnya untuk kesenangan

Klik pada satu pilihan jawaban kemudian ketik alasanmu di dalam kotak jawaban!
Evan membeli sepatu karena ingin pamer ke teman-temannya. Menurut Risa dan Doni tindakan Evan salah. Risa berpendapat bahwa penampilan sangat penting untuk menunjang pekerjaan, sedangkan Doni berpendapat bahwa ilmu dan kepribadian lebih penting daripada penampilan.
Pendapat siapakah yang kamu pilih?
Risa 
Doni
Jelaskan alasanmu!
Ramai pengunjung telah membagikan ini, ayo ikutan berbagi menebar salam dan shalawat agar kita selamat dan bahagia. Pilih salah satu icon share di bawah...
Terima kasih telah berkunjung kembali, jika bermanfaat silakan bantu dengan bagikan ke sahabat lainnya...!!!
Bagikan Ke Whatsapp
Bagikan ke Telegram
Bagikan Ke Facebook

Materi/Artikel yang sering dicari...!!!