.link-list { font-family: Arial, sans-serif; font-size: 16px; border: 1px solid #ccc; border-radius: 5px; background-color: #fff; padding: 10px; margin: 20px; } .link-list ul { list-style: none; margin: 0; padding: 0; } .link-list li { margin-bottom: 10px; } .link-list a { text-decoration: none; color: #148199; transition: all 0.3s ease; } .link-list a:hover { color: #c0392b; }
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PPG Pedagogik Terbaru 2023-2024

Soal PPG Pedagogik Terbaru 2023-2024-  Pedagogik merupakan ilmu yang mengkaji bagaimana membimbing  anak, bagaimana sebaiknya pendidik berhadapan dengan anak didik, apa tugas pendidik dalam mendidik anak, apa yang menjadi tujuan mendidik anak. 

Soal PPG Pedagogik Terbaru 2023-2024

Lihat semua soal PPG - di halaman https://www.jalurppg.id/p/ppg.html

Berikut ini kami sajikan Soal PPG Pedagogik Terbaru 2023-2024 dilengkapi dengan jawaban.

Salah satu langkah penyusunan silabus adalah merumuskan indikator pencapaian kompetensi, dalam menyusun indikator
pengembangnya sesuai dengan, kecuali ...
a. Potensi siswa
b. Mata pelajaran
c. Tujuan pembelajaran
d. Jenis tes
e. Karakteristik siswa

Perumusan indikator merupakan penjabaran dari...
a. Tujuan pembelajaran khusus
b. Kompetensi dasar 
c. Tujuan pembelajaran umum
d. Materi pelajaran
e. Standar kompetensi

Salah satu prinsip dalam menyusun RPP adalah perbedaan individu siswa antara lain, kecuali...
a. Motivasi belajar
b. Minat belajar
c. Gaya belajar
d. Sistematis 
e. Tingkat intelektual

Suatu proses pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis, objektif, dan rasional mengenai berbagai fenomena, baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan untuk mencapai tujuan tertentu. Pernyataan di atas merupakan pengembangan instrumen evaluasi...
a. Jenis non tes dalam bentuk Sosiometri
b. Jenis non tes dalam bentuk Angket
c. Jenis non tes dalam bentuk obsevasi 
d. Jenis non tes dalam bentuk Wawancara
e. Jenis non tes dalam bentuk Studi Kasus

Urutan langkah-langkah menyusun kisi-kisi soal adalah 1. Membuat soal, 2. Menyusun Kisi-Kisi, 3. Analisis Silabus, 4. Membuat Kunci Jawaban, 5. Menyusun Pedoman Penskoran, 6. Menyusun Lembar Jawaban
a. 3-2-1-6-5-4 
b. 1-2-3-4-5-6
c. 3-2-1-6-4-5
d. 3-2-1-5-6-4
e. 6-5-4-2-3-1

Sebuah teori belajar secara filosofis tentang perspektif bahwa para peserta didik memproses informasi dan pelajaran melalui upayanya mengorganisir, menyimpan, dan kemudian menemukan hubungan antara pengetahuan yang baru dengan pengetahuan yang telah ada merupakan teori belajar...
a. Empiris
b. Konstruktivisme
c. Behaviorisme 
d. Afektifisme
e. Kognitifisme

Kelemahan tes menjodohkan adalah...
a. Cocok mengukur informasi yang berbentuk fakta
b. Sulit mengukur proses mental yang tinggi 
c. Untuk mengukur proses mental yang rendah
d. Pembuatan soal mudah
e. Siswa bisa menafsirkan jawaban secara bebas

Teknik tes cocok digunakan untuk menguji aspek...
a. Psikomotorik
b. Psikomotorik dan afektif
c. Kognitif dan psikomotor
d. Afekif
e. Kognitif 

Aktivitas guru tersebut menggunakan pembelajaran yang berbasis...
a. Behaviorisme
b. Konstruktivise 
c. Humanisme
d. Kognitivisme
e. Empirise

Jika sebuah respon menghasilkan efek yang memuaskan, maka hubungan Stimulus - Respons akan semakin kuat. Sebaliknya, semakin tidak memuaskan efek yang dicapai respons, maka semakin lemah pula hubungan yang terjadi antara Stimulus- Respons merupakan teori belajar behaviorisme...
a. Law of Respondent Conditioning
b. Law of Effect 
c. Law of Contigous Conditioning
d. Law of Exercise
e. Law of Readiness

Seorang guru yang memiliki pengetahuan luas tentang landasan kependidikan dan pemahaman terhadap subjek didik merupakan cerminan dari penguasaan kompetensi...
a. Pedagogik 
b. Sosial
c. Pelayanan
d. Kepribadian
e. Profesional

Menurut Permendiknas No.16 Tahun 2007 kompetensi inti guru dalam cakupan kompetensi pedagogik diantaranya 1. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, 2. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru, 3. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, 4. Berkomunikasi secara efekif, empatik dan santun dengan peserta didik
a. 1, 3, dan 4
b. 2 dan 4
c. 1 dan 3
d. 2, 3 dan 4
e. 1, 2, dan 3 

Ruang lingkup kerja guru yang berkaitan dengan aspek kemampuan profesional mencakup beberapa aspek klarifikasi 1. Substansi ilmu, 2. Landasan pendidikan, 3. Proses kependidikan dan keguruan serta pembelajaran
a. 1 dan 3 
b. 1 saja
c. 1,2, dan 3
d. 2 dan 3
e. 1 dan 2

Pengertian kompetensi kepribadian guru sebagai guru pendidik mengacu pada...
a. Tugasnya sebagai motivator dan inspiratory
b. Perilaku yang sanggup mendapatkan amanah dan diteladani
c. Pengabdian yang tanpa pamrih
d. Tugasnya sebagai penyampai niai-nilai luhur masyarakat
e. Perbuatannya yang luhur 

Ruang lingkup profesi keguruan meliputi tiga layanan yang harus dilakukan oleh guru, dari ketiga layanan tersebut yang berhubungan dengan kemampuan guru mengembangkan isi dan strategi pembelajaran adalah adalah...
a. Bimbingan dan konseling
b. Pembelajaran
c. Bantuan
d. Instruksional 
e. Administrasi

Yang tidak termasuk kompetensi kepribadian guru yaitu:
a. Standar kemampuan untuk menggambarkan kualifikasi seseorang baik secara kualitatif maupun kuantitatif dalam melandasi pelaksanaan tugasnya 
b. Perilaku pribadi guru yang memiliki nilai-nilai luhur sehingga terpancar dalam perilaku sehari-hari
c. Kecakapan kerja yang direalisasikan dalam perbuatan yang bermakna
d. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri
e. Performa yang mengarah pada pencapaian tujuan menuju kondisi yang diinginkan

Contoh pribadi guru yang melaksanakan tugasnya secara profesional, diantaranya...
a. Setiap hari datang ke sekolah selalu sebelum bel pagi
b. Melaksanakan peran guru sepanjang waktu
c. Membimbing anak les
d. Memeriksa semua tugas yang dikerjakan siswa
e. Membuat jurnal harian 

Menjadi seorang guru adalah pilihan profesi. Banu lebih suka menjadi guru dibanding menjadi dokter atau insinyur. Banu memilih menjadi guru karena minat dan panggilan jiwa sehingga Banu mencintai pekerjaannya dan menjalanan profesinya dengan sungguh-sungguh. Banu dikatakan telah memiliki...
a. Profesi seorang guru
b. Karakter seorang guru
c. Prinsip seorang guru 
d. Keterampilan seorang guru
e. Kepribadian seorang guru

Guru diharapkan mampu menfungsikan dirinya sebagai makhluk sosial dimasyarakat dan lingkungannya, sehinggga mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, orang tua dan masyarakat sekitar. Hal tersebut merupakan bagian dari kompetensi sosial guru. Sikap dibawah ini yang harus dihindari seorang guru sebagai cerminan kompetensi sosialnya adalah...
a. Bertindak subjektif 
b. Tidak diskriminatif terhadap ras
c. Berkomunikasi secara empatik dan santun
d. Bersifat inklusif
e. Beradaptasi dengan lingkungan tempat bertugas

Kemampuan mengetahui, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, menyintesiskan dan mengevaluasi sejumlah pengetahuan yang diajarkan merupakan aspek-aspek dari kompetensi...
a. Pengelolaan kelas
b. Penggunaan media
c. Perencanaan pembelajaran
d. Penguasaan bahan bidang studi
e. Pengelolaan program belajar mengajar 

Segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya merupakan pengertian dari...
a. Teknologi media
b. Teknologi komunikasi 
c. Teknologi komputer
d. Teknologi informasi
e. Teknologi informasi dan komunikasi

Salah satu dampak positif yang didapat dari penerapan TIK dalam pembelajaran PKn adalah...
a. Mengembangkan keterampilan siswa
b. Meningkatkan kualitas pembelajaran 
c. Memperdalam akses terhadap pembelajaran
d. Memperluas pergaulan siswa
e. Menambah biaya pendidikan

Salah satu model pembelajaran berbasis komputer di mana guru memperkenalkan materi pelajaran baru kepada siswa dan kemudian ditindaklanjuti dengan latihan dan praktek merupakan pembelajaran berbasis komputer model...
a. Blended
b. Games
c. Tutorial 
d. Simulasi
e. Drills

Penggunaan TIK dalam pembelajaran seperti fungsi teknologi lainnya harus memenuhi asas berikut kecuali...
a. Praktis, efektif, efisien 
b. Efektif, menarik, mudah
c. Dinamis, mudah, efektif
d. Mudah, efektif, canggih
e. Praktis, mudah, dinamis

Salah satu kemampuan guru yang berkaitan dengan penyampaian informasi dan mempengaruhi hubungan sosial guru dengan masyarakat sekolah adalah...
a. Kemampuan mengenali karakteristik siswa
b. Kemampuan menguasai mata pelajaran
c. Kemampuan guru bekerjasama dengan rekan sejawat
d. Kemampuan berpenampilan
e. Kemampuan berkomunikasi yang efektif 

Salah satu model pembelajaran berbasis TIK dibawah ini, kecuali..
a. E-Learning
b. Blended Learning
c. Computer based Instruction
d. Web Based Learning
e. Problem based Learning 

Model pembelajaran Blended Learning adalah model pembelajaran yang...
a. Menggabungkan pembelajaran klasik dan modern
b. Menggabungkan pembelajaran di dalam ruangan dan di luar ruangan
c. Menggabungkan pembelajaran online dan tutorial
d. Menggabungkan pembelajaran mandiri dan terbimbing
e. Menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan e-learning 

Yang merupakan prinsip penggunaan TIK dalam pembelajaran di kelas adalah 1. Canggih, 2. Efektif, 3. Menarik, 4. Optimal
a. 1)dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d. 2), 3) dan 4) 
e. 1), 2) dan 3)

Beberapa keterampilan berkomunikasi yang perlu dimiliki oleh seorang guru kecuali...
a. Menguasai bahan
b. Menggunakan volume suara yang sesuai
c. Memiliki penampilan yang rapi dan sopan 
d. Memiliki sikap bersahabat dan ramah
e. Kemampuan untuk menggunakan ejaan dan struktur kalimat yang benar

Urutan yang benar dalam aplikasi pembelajaran berbasis komputer adalah 1. pengguna memberi respon, 2. komputer menyajikan materi,3. pengguna mempelajari materi, 4. komputer mengajukan pertanyaan, 5. komputer memeriksa respon
a. 1)– 2) – 3) – 4) – 5)
b. 2) – 1) – 5) – 3) – 4)
c. 2) – 3) – 4) – 1) – 5)
d. 2)– 3) – 4) – 5) – 1)
e. 4) – 1) – 5) – 2) – 3)

Demikianlah informasi tentang Soal PPG Pedagogik Terbaru 2023-2024 dan jawaban, semoga membantu bpk/ibu semua peserta PPG. Salam Sukses.
close