Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Akidah Akhlak Kelas 10 Semester 1 dan 2 Pdf 2021

Materi Akidah Akhlak Kelas 10 Semester 1 dan 2 Pdf 2021

Assalamu alaikum teman-teman jalurppg.id. pada halaman ini kami bagikan materi pelajaran yang diambil dari buku paket sekolah dalam bentuk file pdf.. Materinya kami pisahkan antar bab sehingga akan memudahkan teman-teman semua untuk menguasai materi tiap babnya.

Berikut ini kumpulan link Materi Akidah Akhlak Kelas 10 Semester 1 dan 2 Pdf 2021, Silahkan buka linknya untuk belajar dan jangan lupa bagikan linknya ke teman-teman yang lain.





Materi Akidah Akhlak Kelas 10 Semester 1 dan 2 Pdf 2021


Kata Pengantar : Bismillahirrahmanirrahim Puji syukur  al-hamdulillah  kehadlirat Allah Swt.,  yang menciptakan, mengatur  dan menguasai seluruh makhluk di dunia dan akhirat.  Semoga kita senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan ridha-Nya.  

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Saw., beserta keluarganya yang telah membimbing manusia untuk meniti jalan lurus menuju kejayaan dan kemuliaan. 

Fungsi pendidikan agama Islam untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada  Tuhan  Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama,  dan ditujukan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami,  menghayati,  dan mengamalkan nilainilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. 

Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern,  seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam ikhtiyar komprehensif.  Hal ini dilakukan agar seluruh potensi generasi dapat tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik,   memiliki cita rasa religiusitas, mampu memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya.  

Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata,  tetapi juga aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam dimensinya. Sebagai ajaran yang sempurna dan fungsional,  agama Islam harus Akidah Akhlak,  Kurikulum 2013iiidiajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata,  sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram.  

Oleh karenanya,  untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah, ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linear akan dipelajari menurut jenjangnya. 

Pengemasan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan sebagai berikut;  diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah,  Madrasah  Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu  Pengetahuan Alam,  Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya,  serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi;  a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah Kebudayaan Islam.  Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu:  a)  TafsirIlmu  Tafsir b) Hadis-Ilmu Hadis c) Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu  Kalam dan e) Akhlak.  

Untuk mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. Sebagai panduan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah, Kementerian Agama RI telah menyiapkan model Silabus Pembelajaran PAI di Madrasah dan menerbitkan BukuPegangan Siswa dan Buku Pedoman Guru. 

Kehadiran buku bagi siswa ataupun guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah. Sebagaimana kaidah Ushul Fikih,  mālā yatimmu al-wājibu illā bihī fahuwa wājibun,  (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). 

Atau menurut kaidah Ushul Fikih lainnya, yaitu  al-amru bi asy-syai’i amrun bi wasāilihī  (perintah untuk melakukan sesuatu berarti juga perintah untuk menyediakan sarananya). Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana pendukungnya,  salah satu diantaranya Buku Ajar. 

Karena itu,  Buku Pedoman Guru  dan Buku Pegangan Siswa ini disusun dengan Pendekatan Saintifik,  yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi,  mengasosiasi dan mengkomunikasikan.

Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan,  karena dengan Buku Ajar,  siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri,  mencari dan menemukan inspirasi,  aspirasi,  motivasi,  atau bahkan dengan buku akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan. Buku yang ada di hadapan pembaca  ini merupakan cetakan pertama, tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan.  

Oleh karena itu sangat terbuka untuk terus-menerus  dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Kami berharap kepada berbagai pihak untuk memberikan saran,  masukan dan kritik konstruktif untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa-masa yang akan datang. Atas perhatian, kepedulian, kontribusi, bantuan dan budi baik dari semua pihak yang terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku-buku ini,  kami mengucapkan terima kasih.