.link-list { font-family: Arial, sans-serif; font-size: 16px; border: 1px solid #ccc; border-radius: 5px; background-color: #fff; padding: 10px; margin: 20px; } .link-list ul { list-style: none; margin: 0; padding: 0; } .link-list li { margin-bottom: 10px; } .link-list a { text-decoration: none; color: #148199; transition: all 0.3s ease; } .link-list a:hover { color: #c0392b; }
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sesudah berlari kencang, otot kaki akan terasa nyeri dan lelah. Hal ini disebabkan oleh....

Sesudah berlari kencang, otot kaki akan terasa nyeri dan lelah. Hal ini disebabkan oleh....

A. respirasi aerob dan dihasilkan asam piruvat

B. respirasi anaerob dan dihasilkan asam laktat

C. respirasi aerob dan dihasilkan etanol

D. respirasi anaerob dan dihasilkan asam piruvat

E. tidak terjadi respirasi sehingga kekurangan darah


Jawaban:

B. respirasi anaerob dan dihasilkan asam laktat


Pembahasan:

Setelah berolahraga atau mengerjakan sesuatu pekerjaan berat, napas menjadi terengah-engah karena suplai oksigen yang masuk tubuh menjadi berkurang. 

Tubuh mengatasi keadaan ini dengan memperpendek jalur pembentukan energi melalui proses respirasi anaerob. Pada sel otot manusia yang bersifat anaerob, akan terbentuk ATP dari fermentasi asam laktat. 

Fermentasi asam laktat diawali dengan glikolisis yang menghasilkan asam piruvat. Pada proses ini tidak ada oksigen yang menjadi reseptor terakhir, sehingga asam piruvat diubah menjadi asam laktat. 

Asam laktat akan terakumulasi dalam otot sehingga otot menjadi kencang. Asam laktat dari darah akan diangkut ke dalam hati yang kemudian diubah kembali menjadi asam piruvat secara aerob. 

Berdasarkan informasi di atas, dapat diketahui bahwa olahraga dapat menyebabkan sel dalam keadaan anaerob dan terjadi fermentasi asam laktat yang menghasilkan asam laktat.

close