Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bank Soal Materi : Ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara PKN Kelas 10

Ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara PKN Kelas 10

Bank Soal Materi : Ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara PKN Kelas 10


Berikut ini kumpulan soal materi tentang Ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara untuk kelas 10 SMA/MA lengkap dengan jawabannya yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya.


Bagaimana peran UUD 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?

UUD juga berperan sebagai pengatur bagaimana kekuasaan Negara disusun, dibagi, dan dilaksanakan. Selain itu UUD 1945 juga berfungsi sebagai penentu hak dan kewajiban Negara, aparat Negara, dan warga Negara. UUD 1945 memiliki kedudukan yang tetap, dan melekat bagi Negara Republik Indonesia.


Bagaimana ketentuan UUD NRI Tahun 1945 tentang Pertahanan dan Keamanan Negara?

Dalam Pasal 30 ayat (5) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 disebutkan bahwa susunan, kedudukan, hubungan, dan kewenangan Tentara Nasional Indonesia dalam melaksanakan tugas, termasuk syarat-syarat keikutsertaan warga negara dalam usaha pertahanan negara serta hal-hal yang terkait dengan pertahanan.


Apa saja ketentuan UUD NRI Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah Indonesia?

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 25A mengamanatkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang.


Apakah yang dimaksud dengan kehidupan berbangsa dan bernegara?

Sadar berbangsa dan bernegara adalah sadar bahwasanya kita berada di tempat yang memiliki bahasa, agama, ideologi, budaya, dan/atau sejarah yang sama dan mempunyai aturan-aturan baik dalam bidang politik, militer, ekonomi, sosial maupun budaya yang diatur oleh Negara.


Apa yang menjadi tujuan berbangsa dan bernegara Indonesia berdasarkan UUD Tahun 1945?

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa tujuan Pemerintah Negara Indonesia adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.


UUD 1945 berisi aturan dasar kehidupan bernegara di Indonesia apakah arti penting UUD 1945 bagi bangsa Indonesia adalah?

Arti penting Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa Indonesia adalah sebagai hukum tertinggi yang mengatur mengenai hukum tertulis yang ada di Indonesia, serta berperan penting dalam kehidupan berbangsa dalam masyarakat.


Apakah ketentuan dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dapat dilaksanakan tanpa peraturan perundang undangan yang lain?

Tidak bisa, karena undang - undang dasar Negara republik Indonesia tahun 1945 sudah tepat dalam peraturan dan peraturan UUD 1945 tidak bisa di ubah kecuali oleh lembaga MPR.


Bagaimana sistem pertahanan dan keamanan negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan UUD 1945 pasal 30 ayat 2?

Pasal 30 ayat (2) berbunyi :


“Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung”.


Bagaimana sifat dan fungsi Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945?

Ringkasnya, UUD 1945 memiliki sifat tertulis, singkat dan supel, berisi norma-norma, dan merupakan peraturan hukum positif yang tertinggi. Sementara, UUD 1945 berfungsi sebagai alat kontrol aturan hukum, pengatur negara, dan penentu hak serta kewajiban negara dan warga negara.


Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 telah ditetapkan dan diakui sebagai hukum dasar tertinggi di Indonesia Apa konsekuensi dari penetapan tersebut?

Perlu dipahami bahwa konsekuensi UUDNRI 1945 berkedudukan sebagai hukum dasar yang merupakan hukum tertinggi, menyebabkan tidak diperkenankan adanya peraturan perundang-undangan yang bertentangan dengan hukum dasar tersebut, karena sistem konstitusi dalam jati diri UUDNRI 1945.


Dalam UUD 1945 dinyatakan bahwa negara Indonesia merupakan negara hukum hal ini Dalam UUD pasal berapa dan ayat berapa?

Oleh karena itu, dalam Perubahan Ketiga tahun 2001 terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, ketentuan mengenai ini kembali dicantumkan tegas dalam Pasal 1 ayat (3) yang berbunyi: “Negara Indonesia adalah Negara Hukum”.


Ketentuan di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 yang dapat dijadikan dasar pelaksanaan sistem pemerintahan presidensial yaitu pasal berapa?

Pasal 4 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menegaskan bahwa Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar. Dalam menjalankan kekuasaan pemerintahan, Presiden dibantu oleh menteri-menteri negara yang diangkat dan diberhentikan oleh Presiden.


Bagaimana pelaksanaan Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut UUD 1945?

Berdasarkan UUD 1945, maka dapat disimpulkan bahwa: Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik, yang yang dibagi atas provinsi, kabupaten, maupun kota yang masing-masing memiliki pemerintahan daerah. NKRI merupakan negara kepulauan yang berciri nusantara.


Bagaimana kedudukan UUD NRI Tahun 1945 dalam sistem hukum nasional menurut UU No 12 tahun 2011?

(1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan hukum dasar dalam Peraturan Perundang-undangan. (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia.


Apa inti dari ketentuan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011 pasal 7 ayat 1?

Menyatakan Pasal 7 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat sepanjang tidak menempatkan Pancasila sebagai hierarki tertinggi dalam hierarki peraturan perundangan-undangan di Indonesia.


Apa saja landasan kehidupan berbangsa dan bernegara?

Empat pilar tersebut adalah (1) Pancasila, (2) Undang-Undang Dasar 1945, (3) Negara Kesatuan Republik Indonesia dan (4) Bhinneka Tunggal Ika.


Apa saja fungsi yang dimiliki oleh UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945?

UUD 1945 bukan merupakan hukum biasa, namun ia merupakan hukum dasar tertulis, yang berfungsi sebagai alat kontrol, yaitu mengontrol apakah ketentuan yang lebih rendah bertentangan atau tidak dengan peraturan yang lebih tinggi, yang pada akhirnya harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kententuan UUD 1945.


Jelaskan apa yang menjadi dasar adanya Undang Undang Dasar 1945?

Antara Pancasila sebagai dasar negara dan UUD 1945, khususnya bagian pembukaan, sebagai dasar hukum, keduanya memiliki hubungan yang saling berkaitan atau tidak dapat dipisahkan. Dapat digambarkan jika Pancasila adalah rohnya, sedangkan UUD 1945 adalah raganya. Pancasila merupakan unsur pokok dalam Pembukaan UUD 1945.


Apa saja empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara?

Tingkatkan Komitmen Berbangsa dan Bernegara Melalui Empat Pilar Kebangsaan. Jakarta, Kominfo – Indonesia memiliki fondasi yang dikenal dengan istilah empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.


Apa yang dimaksud dengan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara?

Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat. Dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat.


Mengapa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara perlu peraturan perundang undangan?

Untuk mencapai tujuan utama sebagai negara hukum yang menciptakan kesejahteraan bangsa, maka diperlukan seperangkat peraturan perundang- undangan yang mengatur kehidupan masyarakat agar tercipta ketertiban hukum (revhtsorde, legal order) yang dilandasi oleh falsafah Pancasila dan UUD 1945.


Tuliskan apa saja kedudukan UUD 1945 dalam negara kita?

Kedudukan UUD 1945 sebagai sumber hukum tertinggi dijelaskan dalam Ketetapan MPRS No.XX/MPRS/1966 yang kini telah diatur dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Perundang-undangan. Dalam Pasal 7 disebutkan bahwa UUD 1945 menempati posisi tertinggi dari perundang-undangan yang ada.


Kenapa UUD 1945 paling tinggi kedudukannya?

Kedudukan lebih tinggi ini karena Pembukaan UUD 1945: (a) mengandung jiwa Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan suasana kerohanian dari terbentuknya Negara RI; (b) memuat tujuan negara dan dasar negara Pancasila; (c) menajdi acuan atau pedoman dalam perumusan Pasal-pasal UUD 1945.


Apa maksud UUD NRI Tahun 1945 sebagai hukum tertinggi di Indonesia?

Fungsi UUD 1945 sebagai norma hukum tertinggi adalah untuk dijadikan dasar penyusunan peraturan perundang-undangan. Peraturan perundang-undangan yang dibuat untuk mengatur hukum di Indonesia tidak boleh dibuat dengan sembarangan. Pembuatannya harus sesuai dengan asas-asas pembentukan peraturan perundang-undangan.


Bagaimana Undang-Undang Dasar 1945 mengatur hak dan kewajiban warga negara?

Pasal 28J ayat 2 menyatakan : “Dalam menjalankan hak dan kebebasannya,setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral.


Jelaskan apa akibat bagi warga negara serta bangsa dan negara Indonesia apabila tidak memiliki UUD 1945?

Bangsa Indonesia tidak memiliki arah, cita-cita dan tujuan. Negara akan terombang ambing tanpa arah. Stablitas negara akan hancur.


Mengapa empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara sangat penting bagi bangsa Indonesia?

“Empat pilar kebangsaan memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat.


Jelaskan apa yang dimaksud dengan berbangsa dan bernegara?

Kesadaran Berbangsa dan Bernegara mempunyai makna bahwa individu yang hidup dan terikat dalam kaidah dan naungan di bawah Negara Kesatuan RI harus mempunyai sikap dan perilaku diri yang tumbuh dari kemauan diri yang dilandasasi keikhlasan/kerelaan bertindak demi kebaikan Bangsa dan Negara Indonesia.


Apa manfaat hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?

Hukum berfungsi sebagai perlindungan kepentingan manusia, agar kepentingan-kepentingannya terlindungi, maka hukum seyogyanya dilaksanakan secara nyata. Hukum berfungsi sebagai pengatur pergaulan hidup secara damai. Hukum menghendaki perdamaian.


Pasal berapa sajakah dalam UUD NRI 1945 yang mengatur tentang hak dan kewajiban warga negara dan negara Sebutkan dan jelaskan?

Hak dan Kewajiban telah dicantumkan dalam UUD 1945 pasal 26, 27, 28, dan 30, yaitu : Pasal 26, ayat (1), yang menjadi warga negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.


Apa tujuan dari kehidupan berbangsa dan bernegara?

Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Memajukan kesejahteraan umum. Mencerdaskan kehidupan bangsa. Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.


Apa contoh dari berbangsa dan bernegara?

Perilaku positif yang mencerminkan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah selalu mengutamakan kepentingan bersama, bukan kepentingan golongan tertentu. Hal ini berkaitan dengan pengamalan sila kelima dari Pancasila.


Jelaskan apa yang dimaksud dengan berbangsa?

Berbangsa dan bernegara merupakan suatu konsep atau istilah yang menunjukkan seseorang individu terikat dan atau menjadi bagian dari suatu bangsa (nation) dan Negara (state) tertentu.


Bagaimana proses berbangsa dan bernegara di Indonesia?

Proses berbangsa dan bernegara pada masa sebelum kemerdekaan lebih mengacu pada perjuangan melawan penjajah,sedangkan pada masa sekarang mengacu pada upaya bela Negara melalui pendidikan,penciptaan identitas bersama,dan memiliki hubungan internasional dengan Negara lain.


Bagaimana implementasi sikap tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara tuliskan tiga jawabanmu?

Berikut ini adalah contoh pelaksanaan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga negara: Saling membina kerukunan antar warga, agama, suku, ras budaya dan adat istiadat. Membayar pajak. Mengembangkan sikap gotong royong dan kekeluargaan.


Bagaimana hubungan antara identitas nasional dengan kehidupan berbangsa dan bernegara?

Hubungan antara Identitas Nasional dengan Berbangsa dan Bernegara, yaitu:Setiap bangsa dan negara memiliki cirikhas, adat istiadat, bahasa nasional, lambang danbendera nasional, dan ideologi nasional yang berbeda-beda.


Bagaimana proses terbentuknya berbangsa dan bernegara?

Proses kehidupan berbangsa dan bernegara mulai berkembang sejak Sumpah Pemuda dikumandangkan ke seluruh nusantara. Dalam periode selanjutnya secara nyata mulai dipersiapkan kemerdekaan Indonesia pada masa pendudukan Jepang, yaitu dengan dibentuknya Badan Penyelidik Usaha – usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.


Apa tujuan kehidupan berbangsa dan bernegara?

Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Memajukan kesejahteraan umum. Mencerdaskan kehidupan bangsa. Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.


Apa manfaat hukum dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?

Hukum berfungsi sebagai perlindungan kepentingan manusia, agar kepentingan-kepentingannya terlindungi, maka hukum seyogyanya dilaksanakan secara nyata. Hukum berfungsi sebagai pengatur pergaulan hidup secara damai. Hukum menghendaki perdamaian.


Jelaskan apa yang menjadi dasar adanya Undang Undang Dasar 1945?

Antara Pancasila sebagai dasar negara dan UUD 1945, khususnya bagian pembukaan, sebagai dasar hukum, keduanya memiliki hubungan yang saling berkaitan atau tidak dapat dipisahkan. Dapat digambarkan jika Pancasila adalah rohnya, sedangkan UUD 1945 adalah raganya. Pancasila merupakan unsur pokok dalam Pembukaan UUD 1945.


Mengapa membangun kesadaran berbangsa dan bernegara kepada generasi muda merupakan hal yang penting?

Nasionalisme sangat penting terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara karena merupakan wujud kecintaan dan kehormatan terhadap bangsa sendiri. Dengan hal itu, pemuda dapat melakukan sesuatu yang terbaik bagi bangsanya, menjaga keutuhan persatuan bangsa, dan meningkatkan martabat bangsa dihadapan dunia.


Apa fungsi Undang-Undang Dasar 1945 bagi bangsa dan negara Indonesia?

Mengatur peraturan di Republik Indonesia. Mengatur proses tata kelola hukum di negara Indonesia. Menciptakan warga negara yang mampu mengembangkan negara Indonesia menjadi negara yang kuat dan hebat.