Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Materi 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study Pelatihan Lesson Study di Era Digital - Pintar Kemenag #1

Kunci Jawaban Materi 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study Pelatihan Lesson Study di Era Digital - Pintar Kemenag

Pelatihan di Pintar berbasis MOOC (Massive Open Online Course) dilakukan secara Asynchronous dan full online, sehingga tidak ada jadwal Zoom ataupun tatap muka. Peserta wajib mendaftar dan melakukan pelatihan sampai selesai secara mandiri. Pelatihan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kebutuhan peserta selama masih dalam periode pelaksanaan pelatihan. Pelatihan ini akan berlangsung selama 5 hari.


Dipelatihan ini peserta akan mempelajari :

1. Konsep Lesson Study for Learning Community

2. Strategi, Pendekatan Model, dan Media Pembelajaran dalam Lesson Study

3. Penyusunan Plan dalam Lesson Study

4. Penyusunan Laporan Lesson Study


Persyaratan

1. PNS Kemenag dan Non-PNS Kemenag 

2. Syarat Pangkat/Golongan Ruang : Semua

3. Syarat Jenis Kelamin : Semua

4. Syarat Pendidikan Umum : Semua  


Berikut ini Kunci Jawaban Materi 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study Pelatihan Lesson Study

di Era Digital - Pintar Kemenag:

Page 1:

Soal 1

Gambar tersebut menunjukan tahapan pada lesson study yaitu?

A. Tahapan Plan

B. Tahapan Do

C. tahapan See

D. Tahapan Pelaporan

Jawaban yang tepat:

A. Tahapan Plan


Soal 2

Yang bukan termasuk poin penting yang harus dianalisa ketiak sebuah rencana pembelajaran disusun, adalah

A. jumlah siswa dalam rambel memenuhi syarat

B. proses pembelajaran dan metodologi jelas

C. sikap belajar siswa diperhatikam, kesimpulannya jelas

D. konsep dan tujuan pelajaran dengan jelas disebutkan dengan kalimat yang ringkas

Jawaban yang tepat:

A. jumlah siswa dalam rambel memenuhi syarat


Soal 3

Diskusi antara guru dan pengamat yang dipandu oleh kepala sekolah atau personel yang ditunjuk untuk membahas pembelajaran yang telah dilaksanakan terjadi pada tahap?

A. Tahapan plan

B. tahapan see

C. tahapan pelaporan

D. tahapan do

Jawaban yang tepat:

B. tahapan see


Soal 4

Posisi observer sebaiknya?

A. di pojok kanan belakang agar siswa tidak terhalang pendampingnya

B. di mana saja asalkan dapat mengamati interaksi siswa

C. dekat dengan guru model

D. di pojok kiri belakang agar siswa tidak terhalang pendampingnya

Jawaban yang tepat:

B. di mana saja asalkan dapat mengamati interaksi siswa


Soal 5

Pada saat open class, fokus pengamatan pada?

A. observer

B. kamera

C. siswa

D. guru

Jawaban

C. siswa


Soal 6

Pembelajaran bukan hanya tanggung jawab guru di kelas, melainkan tanggung jawab kepala sekolah, orang tua, dan masyarakat merupakan konsep?

A. society of education

B. learning community

C. society of learning

D. learning society

Jawaban

B. learning community


Soal 7

Di dalam Lesson Study, untuk menemukan dan memecahkan kasus pembelajaran melibatkan guru lain guna melihat secara langsung (observasi) proses pembelajaran. Tugas utama observer (guru pengamat) sebenarnya adalah?

A. menemukan kasus pembelajaran dan memberi masukan penanganan terkait kasus pembelajaran yang ditemukan

B. melihat proses pembelajaran berjalan lancar atau tidak

C. menemukan kesalahan guru dalam mengajar dan menunjukkan kesalahan tersebut pada sesi refleksi

D. mengamati dak mencatat kasus siswa dalam belajar, merekam, lalu menunjukannya pada sesi refleksi

Jawaban:

D. mengamati dak mencatat kasus siswa dalam belajar, merekam, lalu menunjukannya pada

sesi refleksi


Soal 8

Urutan langkah yag harus dilakukan pada tahap plan adalah?

A. pemilihan materi, identifikasi masalah, pemilihan metode, dan jenis evaluasi

B. pemilihan metode, identifikasi masalah, pemilihan materi, dan jenis evaluasi

C. identifikasi masalah, pemilihan materi, pemilihan metode, dan jenis evaluasi

D. identifikasi masalah, pemilihan materi, jenis evaluasi, dan pemilihan metode

Jawaban

A. pemilihan materi, identifikasi masalah, pemilihan metode, dan jenis evaluasi


Soal 9

Yang diutamakan dalam pemilihan materi saat merancang plan adalah

A. 1. mapel yang dibenci siswa agar siswa menjadi suka

B. materi yang sulit untuk dapat dipecahkan secara bersama

C. materi yang mudah sehingga guru dan siswa dapat berinteraksi

D. mapel yang disukai siswa agar siswa aktif saat open class

Jawaban

B. materi yang sulit untuk dapat dipecahkan secara bersama


Soal 10

Pada saat refleksi, objek yang didiskusikan meliputi hal-hal berikut ini, kecuali

A. bukti-bukti konkrit berdasarkan hasil pengamatan

B. kapan siswa belajar dan kapan siswa tidak dapat belajar

C. memperdalam masalah-masalah yang ditemukan

D. cara mengajar yang sebaiknya dilakukan oleh guru

Jawaban

D. cara mengajar yang sebaiknya dilakukan oleh guru


Lanjut Ke Page 2 / No. 6-10

Demikianlah informasi tentang Kunci Jawaban Materi 3.4 Penyusunan Plan dalam Lesson Study Pelatihan Lesson Study di Era Digital - Pintar Kemenag