Contoh Soal Uraian PPG SD/MI

Assalamu alaikum, salam sukses untuk rekan calon peserta PPG 2019 - kali ini kami ingin bagikan Contoh Soal Uraian PPG SD/MI, dapat dijadikan sebagai bahan referensi  persiapan menghadapi PPG Dalam Jabatan, berikut ini kami bagikan Contoh Soal Uraian PPG SD/MI dengan 3 nomor per soal, adapun untuk versi lengkapnya bisa diunduh filenya pada link doc. yang sudah disediakan. 


Contoh Soal Uraian PPG  SD/MI

Contoh Soal Uraian PPG Pedagogik SD/MI

Unduh Doc
1. Potensi peserta didik adalah pengalaman mengamati berbagai bentuk bangun datar dan ruang. Kemukakan kemampuan awal apa yang dapat digali dari peserta didik? Diagnosislah kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun datar.

2. Hasil diagnosis dalam pembelajaran IPA yaitu  peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan jatuhnya benda yang memiliki massa yang berbeda. Kemukakan kemampuan awal peserta didik yang dapat digali dan potensi yang dimiliki peserta didik berkaitan dengan konsep tersebut.

3. Dalam pembelajaran IPS tentang keanekaragaman budaya, maka kemampuan awal peserta didik apa saja yang harus digali oleh guru. Kemukakan kesulitan yang kemungkinan dihadapi oleh peserta didik tentang konsep tersebut.


Contoh Soal Uraian PPG Bahasa Indonesia SD/MI

Unduh Doc 
1. Mengkategorikan berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa.

Kasus:
Bacalah teks berikut!
Bu Siti meminta setiap siswa menceritakan gambar seri yang dipajangnya di depan kelas. Berdasarkan tugas tersebut, sebagian besar siswa kurang lancar dan kurang percaya diri dalam menceritakan gambar. Dengan demikian, tujuan pembelajaran yang dirumuskan Bu Siti belum dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan kenyataan itu, Bu Siti harus menciptakan proses pembelajaran yang dapat membantu permasalahan yang dihadapi sebagian besar siswanya.

Perintah:
a. Analisislah permasalahan yang dihadapi siswa pada kasus di atas sehingga mereka kurang lancar dan kurang percaya diri dalam menceritakan gambar!
b. Tentukan pula proses pembelajaran yang efektif yang dapat dilakukan Bu Siti dalam membantu permasalahan sebagian besar siswanya!

2. Menegaskan keterampilan membaca di kelas rendah dan kelas tinggi dan menyimpulkan jenis-jenis membaca melalui sebuah kasus.
Kasus:
Bacalah teks berikut!
Beni adalah siswa kelas V Sekolah Dasar (SD). Ia ditugaskan membaca teks yang ada di buku siswa. Beni membaca teks dengan suara keras dan tangan menunjuk setiap baris bacaan. Guru membiarkan cara Beni membaca yang demikian. Setelah membaca teks, Beni diminta menjawab soal-soal yang berhubungan dengan isi teks. Hasil analisis jawaban Beni, diperoleh bahwa Beni hanya benar 2 dari 5 soal yang diberikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Beni mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi teks.

Perintah:
a. Analisislah kesalahan Beni dalam membaca teks seperti kasus di atas sehingga ia mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami isi bacaan!
b. Kemukakan pula teknik membaca yang tepat yang harus dilakukan Beni agar pemahaman terhadap isi teks yang dibaca meningkat!

3. Mengkategorikan menyimak sebagai suatu keterampilan berbahasa.
Kasus:
Bacalah teks berikut!
Pak Udin mengajar di kelas V SD. Pada suatu ketika, pak Udin mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan topik bercerita fiksi (dongeng) tentang anak durhaka. Materi tersebut disampaikan dengan teknik bercerita diselingi tanya jawab tentang anak durhaka yang tidak mengakui ibu kandungnya sendiri. Selama proses pembelajaran berlangsung, pak Udin melihat beberapa siswa kurang berminat untuk mengikuti pelajaran, mereka terlihat bercanda dengan kawan sebelahnya. Namun, pak Udin kurang peduli terhadap anak yang kurang perhatian tersebut.Setelah kegiatan belajar berlangsung sekitar 40 menit, pak Udin mengakhiri ceritanya dan memberikan pertanyaan tertulis kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang diceritakan tadi. Pada saat mengerjakan tugas tersebut, beberapa siswa terlihat saling bertanya tentang jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Pak Udin sendiri kurang peduli terhadap apa yang dilakukan siswa ketika menjawab pertanyaan. Pada saat pelajaran selesai, pak Udin langsung memerintahkan kepada siswa untuk segera mengumpulkan pekerjaannya.

Perintah:
Cara mengajar pak Udin di atas kurang tepat. Sebutkan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan oleh pak Udin agar proses pembelajaran berjalan secara efektif!



Contoh Soal Uraian PPG Matematika SD/MI

Unduh Doc
1. Volume tabung adalah luas alas x tinggi, dengan alas berbentuk lingkaran. Jika sebuah kerucut dengan alas dan tinggi yang sama dengan tabung tersebut, bagaimana menemukan hubungan antara volume tabung dengan volume kerucut? 

2. Suatu SD di kota mempunyai 4 kelas VI paralalel. Berdasarkan hasil Ujian Sekolah Berstandar Daerah (USBD) diperoleh data sebagai berikut:
Kelas A terdiri dari 30 siswa, rata-rata nila matematikanya adalah 6,5.
Kelas B terdiri dari 28 siswa, rata-rata nila matematikanya adalah 7,0.
Kelas C terdiri dari 32 siswa, rata-rata nila matematikanya adalah 6,6.
Kelas D terdiri dari N siswa, rata-rata nila matematikanya adalah 7,4.
Jika rata-rata nilai matematika gabungan keempat kelas tersebut adalah 6,82, 
tentuan banyaknya siswa Kelas D tersebut!

3. Nilai ulangan matematika sekelompok siswa yang berjumlah 45 anak dinyatakan sebagai berikut. Siswa yang mendapat nilai 6 sebanyak 5 anak, siswa yang mendapat nilai 7 sebanyak 12 anak, siswa yang mendapat nilai 8 sebanyak 10 anak, siswa yang mendapat nilai 9 sebanyak 5 anak dan siswa yang mendapat nilai 10 sebanyak 13 anak. Tentukan median dan modus data nilai ulangan matematika sekelompok siswa tersebut!



Contoh Soal Uraian PPG IPA SD/MI

Unduh Doc
1. Kebutuhan listrik pada suatu sekolah sebagai berikut: menggunakan 12 buah lampu 25 watt,  1 buah TV 100 watt di Ruang Kepala Sekolah, dan 2 kipas angin 50 watt di Ruang Guru, serta 1 buah dispenser 40 watt. Setiap harinya peralatan tersebut digunakan selama 8 jam.  Jika harga listrik Rp1.000,00/kWh, tentukan biaya listrik yang harus dibayar sekolah tersebut setiap bulan dengan jumlah hari efektif 26 hari?

2. Letakkan sebuah koin  ke dalam cangkir yang tidak tembus cahaya. Mundurlah pelan-pelan sampai koin yang terletak di dasar cangkir tidak tampak. Mintalah teman Anda menuangkan air sedikit demi sedikit sampai koin yang ada di dasar cangkir tidak terlihat kembali oleh Anda. 
Buatlah lukisan jalannya sinar ke mata Anda, sehingga koin tersebut tampak oleh mata!

3. Pada suatu kegiatan perkemahan Sabtu Minggu, Ani mendapatkan tugas menanak nasi menggunakan kayu bakar yang diambil dari pepohonan yang ada di sekitar perkemahan. Sebelumnya Ani harus menyiapkan kayu bakar dengan jalan memotong-motong dan menjemurnya supaya kering. Keesokan hariya Ani menanak nasi dengan menggunakan kayu bakar. Setelah semua makanan siap, seluruh anggota kelompoknya melakukan sarapan pagi, sehingga menjadi sumber energi untuk aktivitas di siang hari. Analisislah perubahan materi yang terdapat pada kasus ini mulai dari awal sampai makanan menjadi energi bagi tubuh! 



Contoh Soal Uraian PPG IPS SD/MI

Unduh Doc
1. Antara Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Studies) dengan Ilmu-Ilmu Sosial (Social Sciences) mempunyai hubungan yang sangat erat, karena keduanya sama-sama mempelajari dan mengkaji hubungan timbal balik antar manusia (human relationships). IPS merupakan pengetahuan terapan yang dilaksanakan dalam kegiatan instuksional di sekolah-sekolah guna mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran tertentu, antara lain untuk mengembangkan kepekaan peserta didik didik terhadap kehidupan sosial di sekitarnya. Bagaimanakah perbedaan dan persamaan antara ilmu sosial dengan ilmu pengetahuan sosial tersebut? Jelaskan!


2. Pendidikan IPS pada satuan sekolah dasar memiliki tujuan membina peserta didik yang memiliki pengetahuan (kognitif), nilai dan sikap (afektif), serta keterampilan (skill) sosial bagi siswa, agar menjadi warga negara yang baik berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Namun berdasarkan kenyataan masih ada sebagian guru dalam pembelajaran IPS hanya untuk mencapai tujuan mengembangkan pengetahuan saja, sehingga harapan pembelajaran IPS belum mencapai tujuan yang diharapkan. Bagaimanakah upaya yang perlu dilakukan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan IPS SD? Jelaskan!


3. Pada akhir-akhir ini ada fenomena masalah sosial bagi kalangan pelajar antara lain menyontek pada waktu ulangan, tawuran antar pelajar, kenakalan remaja, dan kurang pekanya terhadap masalah sosial lainnya. yang ditayangkan di media elektronik maupun media cetak. Hal ini membuktikan bahwa pendidikan nilai karakter bagi siswa dalam pembelajaran IPS belum optimal. Bagaimanakah upaya pendidikan IPS SD dalam menginternasilasikan nilai dan sikap sosial dengan baik? Jelaskan!


Demikianlah informasi tentang Contoh Soal Uraian PPG SD/MI jangan lupa dibagikan ke rekan yang lainnya agar lebih bermanfaat. Terima Kasih - Salam Sukses PPG 2019.
Terima kasih telah berkunjung kembali, jika bermanfaat silakan bantu dengan bagikan ke sahabat lainnya...!!!
Bagikan Ke Whatsapp
Bagikan ke Telegram
Bagikan Ke Facebook
Lihat Semua Isi Blog- Klīk dīsīnī

Subscribe to receive free email updates: