Soal dan Jawaban Pretest PPG

Link yang anda cari ada disini...


1. Modul Pedagogik Terlengkap 2019 - http://bit.ly/2oOMRzL

2. Soal Pretest PPG Pedagogik Dengan Jawaban - http://bit.ly/2oMgRwa

3. Kumpulan Soal-Soal Modul 1-6 Materi Pedagogik -  - http://bit.ly/2oHlU1c

4. Soal dan Jawaban Pretest PPG - http://bit.ly/2pw3bWy

5. Kumpulan Materi Pretest Mapel PPG - http://bit.ly/2IlWPzM

6. 50 Soal PPG dengan Jawabannya - http://bit.ly/2oMUfvy

7. Kumpulan Modul PPG 2019 - http://bit.ly/2pDLLYh


Soal dan Jawaban Pretest PPG 1 - Assalamu alaikum teman guru seperjuangan PPG 2019, kali ini kami akan bagikan Soal Pretest PPG yang dilengkapi dengan jawaban. Anda bisa mencoba latihan menjawab tes yang ada di bawah ini, semoga mendapat nilai yang bagus mencapai passing grade yang telah ditentukan.

Soal dan Jawaban Pretest PPG 2019


Pilihlah jawaban yang paling Benar!

1. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit

2. Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan ...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh

3. Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang peserta didik
D. tes awal (pre-test)

4. Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis kemampuan peserta didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan belajar lainnya )

5. Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan strategi pembelajaran
D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran

6. Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan

7. Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara peserta didik
C. pembelajaran didominasi arahan dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

8. Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan  kesiapan siswa, tujuan pendidikan  nasional, dan  kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……
A. Tantangan  internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched

9. Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu……..
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk , dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar  berdasar  pada prinsip  akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10. Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

11. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

12. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara ……..
A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

13. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

14. Yang di maksud dengan penilaian adalah
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik

15. Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik

16. Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut adalah :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes

17. Lingkup penilaian hasil belajar mencakup kompetensi  beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial

18. Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melakukan prosedur
D. pemecahan masalah dan sikap

19. Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning

20. Guru memebentuk kelompok kelompok belajar dan memberikan tugas kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak dapat di selesaikan . karakteristik dari strategi pembelajaran tersebu adalah ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran langsung (direct teaching)
D. belajar kooperatf (cooperatf learning)


Lanjut ke halaman berikutnya....
Soal dan Jawaban Pretest PPG 2 
Soal dan Jawaban Pretest PPG 3
Soal dan Jawaban Pretest PPG 4
Soal dan Jawaban Pretest PPG 5 

Demikianlah informasi tentang Soal dan Jawaban Pretest PPG 1 dan silahkan berkunjung di blog ini untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat lainnya. Jangan lupa klik share yang ada di bawah postingan ini. Terima kasih salam sukses PPG 2019.

MATERI KELAS 7 (BUKA DISINI) - KELAS 8 (BUKA DISINI) - KELAS 9 (BUKA DISINI) - KELAS 10 (BUKA DISINI) - KELAS 11 (BUKA DISINI) - KELAS 12 (BUKA DISINI)
Ramai pengunjung telah membagikan ini,ayo ikutan berbagi. Kllk salah satu icon share dibawah...
Sedang Dibaca...