Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Partikel Materi - Modul IPA 6 KB 1

Partikel Materi - Modul IPA 6 KB 1

Selamat datang di jalurppg.id - Kegiatan Belajar (KB) 1 Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari partikel materi. Materi ini sangat penting untuk dipelajari untuk mampu menganalisis hubungan antara konsep partikel materi dan penerapannya pada deskripsi sifat bahan.

Melalui kegiatan belajar satu, Anda akan belajar mengenai materi dan keadaannya, susunan partikel materi pada zat padat, cair, dan gas, sifat fisika dan sifat kimia materi, simbol-simbol keamanan bahan kimia, perubahan dalam materi dan energi, penggolongan materi berdasarkan sifat kimia, serta perbedaan unsur, senyawa dan campuran.


Kegiatan Belajar 1: Partikel Materi

Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

Menganalisis hubungan antara konsep partikel materi dan penerapannya pada deskripsi sifat
bahan

Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan

Setelah mempelajari Kegiatan Belajar 1 pada modul 6 ini, Anda diharapkan mampu:
1. Menganalisis susunan partikel pada materi berbentuk padat, cair, dan gas melalui ilustrasi gambar mikroskopik keadaan materi.
2. Menerapkan konsep partikel materi pada deskripsi sifat bahan dalam bidang teknologi
3. Menganalisis perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan perbedaan sifat materi yang diamati sebelum dan sesudah terjadi perubahan melalui contoh-contoh peristiwa kimia dan fisika yang diberikan.
4. Menjelaskan alasan perlunya mengenali simbol-simbol keamanan bahan-bahan kimia ketika berinteraksi dengan bahan-bahan kimia.
5. Menganalisis dan menggolongkan materi secara kimia yang meliputi zat tunggal dan campuran.
6. Menganalisis manfaat perubahan materi melalui beberapa contoh proses penerapan prinsi-prinsip perubahan kimia dalam kehiduapan sehari-hari.

Pokok-Pokok Materi

1. Materi dan keadaannya
2. Susunan partikel materi pada zat padat, cair, dan gas
3. Sifat fisika dan sifat kimia materi
4. Simbol-simbol keamanan bahan kimia
5. Perubahan dalam materi dan energi
6. Penggolongan materi berdasarkan sifat kimia
7. Perbedaan unsur, senyawa dan campuran

Materi

Untuk dapat menganalisis hubungan antara konsep partikel materi dan penerapannya pada deskripsi sifat bahan, mari kita simak materi-materi berikut:





Demikianlah informasi tentang Partikel Materi - Modul IPA 6 KB 1 semoga membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Salam Sukses PPG