Soal dan Jawaban Pretest PPG 4

Baca Juga
Soal dan Jawaban Pretest PPG 4 - Assalamu alaikum teman guru seperjuangan PPG 2019, kali ini kami akan bagikan Soal Pretest PPG yang dilengkapi dengan jawaban. Anda bisa mencoba latihan menjawab tes yang ada di bawah ini, semoga mendapat nilai yang bagus mencapai passing grade yang telah ditentukan.

Soal dan Jawaban Pretest PPG 4

Soal No. 61 - 80

Pilihlah jawaban yang paling Benar!

61. Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000. Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
A. Rp. 30.000
B.  Rp. 32.000
C.  Rp. 40.000
D. Rp. 50.000

62.
Soal PPG 62
JIka besar sudut a adalah 70 derajat maka besar sudut e adalah … derajat

A. 90
B. 100
C. 110
D. 120


63. Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
1. mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2. mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3. mempunyai sudut siku-siku
4. mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5. mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang adalah ….

A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 2), 5)


64. Hasil pencerminan terhadap garis x dari bangun di bawah ini adalah ….
Soal PPG 64



















B

65. Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai mobil dari Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora adalah 125 km dan mereka
berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?
A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30

66. Data nilai siswa kelas VI berturut turut adalah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5

67. Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di halte pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang sampai di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik pada terminal?
A.17
B.15
C.13
D.11

68. Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut adalag 12 m. Berapakah kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m

69. Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut adalah 110 dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut adalah ….
A.308
B.318
C.326
D.344

70. Bonus, jawabannya A

71. Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Geometri. Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
A.  2048
C.  2047
B.  2049
D. 2046

72. Menerapkan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi pengukuran. Sebuah bak mandi diisi air mulai pukul 07.20 sampai dengan pukul 07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam bak mandi tersebut?
A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter

73. Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Statistika. Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7 siswa adalah 6,50. Ketika nilai satu orang siswa ditambahkan, maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan adalah ….
A. 9,10
B. 8,10
C. 7,10
D. 6,10

74. Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika. Dari pernyataan berikut ini, manakah yang merupakan ingkaran dari pernyataan Jakarta Ibukota RI.
A. Jakarta bukan ibukota RI
B. Jakarta adalah ibukota RI
C. Benar bahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benar bahwa Jakarta bukan Ibu kota dari RI

75. Menentukan alat peraga dalam pembelajaran bilangan. Bu Ani ingin mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 tentang nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat digunakan Bu Ani dalam Pembelajaran tersebut adalah…
A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku

76. Mengklasifikasikan alat peraga dalam pembelajaran Geometri dan pengukuran Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan meter. Alat peraga yang sebaiknya digunakan supaya pembelajaran menarik adalah…
A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis

77. Menentukan alat ukur dalam pembelajaran geometri dan pengukuran Ketidakpastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita menggunakan mistar atau penggaris, maka ketidakpastiannya adalah sama dengan….
A. 0,05 cm
C. 0,1 cm
B. 0,01 cm
D. 1 cm

78. Memecahkan Pembelajaran IPS SD (diberikan kasus dalam pembelajaran, peserta dapat menyimpulkan pembelajaran dalam kasus tersebut.
Bu,fitri adalah guru SD Negeri 2 Sukamakmur,mengajar dikelas Beliau memberikan pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran, anak – anakberbaris didepankelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangandantelinga.Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak- anakdiajak berdoadan kemudian mengucapkan salam.

Sebelum memberikan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangun tidur kuterus mandi,tidak lupa menggosokgigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri adalah
A. Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak – anak hanya diam saja saat diberi pertanyaan dalam pembelajaran karena guru kurang memotivasi anak
D. Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran

79. Menegaskan Fokus utama kajian pembelajaran IPS diSD (diberikan kasus contoh Hari selasa, saat pelajaran IPS pak Sunarto akan memberikan materi pada anak- anak tentang silsilah keluarga. Waktu pelajaran adalah 2 x 35 menit.  Setelah mengutarakan tujuan yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan pertanyaan pada para siswa untuk mengawali pelajaran.

“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?” “ iya pak, punya.” Jawab semua siswa serentak.

“  Coba  kalian  sebutkan  siapa  saja  yang  dirumah  kalian  yang  masuk  dalam  anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut- sahutan.

Kemudian pak Sunarto menempelkan bagan dan foto silsilah keluarga. Anak- anak mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak Sunarto mengakhiri penjelasan dengan memberikan pertanyaan pada siswa “  apakah kalian sudah mengerti semua tentang silsilah keluarga yang sudah bapak  jelaskan,,?” Tanya pak Sunarto.

“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.

“ kalau masih ada yang kurang jelas atau bingung, anak- anak boleh bertanya ” “ tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.

Pak sunarto memberikan tugas kepada siswa agar dikerjakan sendiri- sendiri. Pak sunarto yakin,  pasti  nialai  anak-  anak  memuaskan   karena  anak-  anak  berhasil  menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama dengan tugas yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama- nama pada bagan silsilah keluarrga.

Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan setelah di koreksi ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapatkan nilai hasil evaluasinya di bawah rata- rata.

Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali…..
A. Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah dan penugasan
B. Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
C. Penyampaian materi kurang jelas
D. Guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran

80. Membedakan pengertian IPS dan Ilmu social
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
B. Ilmu Pengetahuan Sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu Sosial adalah bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.


Lanjut ke halaman berikutnya....

Soal dan Jawaban Pretest PPG 1 
Soal dan Jawaban Pretest PPG 2 
Soal dan Jawaban Pretest PPG 3
Soal dan Jawaban Pretest PPG 5  

Demikianlah informasi tentang Soal dan Jawaban Pretest PPG 4 dan silahkan berkunjung di blog ini untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat lainnya. Jangan lupa klik share yang ada di bawah postingan ini. Terima kasih salam sukses PPG 2019.

Bagikan Ke Grup Whatsapp
MATERI BELAJAR DISINI...!!!