.link-list { font-family: Arial, sans-serif; font-size: 16px; border: 1px solid #ccc; border-radius: 5px; background-color: #fff; padding: 10px; margin: 20px; } .link-list ul { list-style: none; margin: 0; padding: 0; } .link-list li { margin-bottom: 10px; } .link-list a { text-decoration: none; color: #148199; transition: all 0.3s ease; } .link-list a:hover { color: #c0392b; }
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)
- Apa itu AKM ? Kata Minimum mengacu kepada tidak semua konten di dalam kurikulum diukur di dalam AKM. AKM akan mengukur keterampilan dasar: literasi dan numerasi. Kemampuan bernalar tentang teks dan angka. Kompetensi tersebut dibangun dari jenjang dasar sampai menengah dalam suatu learning progression. AKM berbentuk survey dengan sample siswa kelas 5, kelas 8, dan kelas 11 – tidak melaporkan hasil individu siswa namun laporan agregat yang berfokus kepada peningkatan internal dari waktu ke waktu bukan komparasi antar kelompok.

Soal akm terbaru dan terlengkap bisa anda akses di situs yang kami buat khusus untuk membahas soal akm, tersedia 400 contoh soal yang dapat digunakan guru dan siswa. silahkan kunjungi situs https://akm.jalurppg.id

AKM Literasi








AKM Numerasi






Jenis AKM Numerasi - Literasi

1. AKM Nasional (kelas 5, 8, dan 11)
- Mengukur kinerja/mutu sekolah
- Administrasi terstandar

2. AKM Kelas (awal SD – akhir SMA)
- Mengukur hasil belajar siswa
- Formatif, alat untuk teach at the right level
- Administrasi tidak terstandar

3. AKM Sertifikasi (kelas 12)
- Mengukur hasil belajar siswa
- Administrasi terstandar

Asesmen Kompetensi Minimum

Soal AKM SMA/MA/SMK Lengkap - Lihat disini

Soal AKM SMP/MTs Lengkap - Lihat disini


Literasi Membaca
Kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi
Kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Bentuk Soal AKM
Objektif
Pilihan Ganda (hanya 1 jawaban benar)
Pilihan Ganda kompleks (jawaban benar lebih dari 1)
Menjodohkan
Isian Singkat (angka, nama/benda yang sudah fixed)
Non- Objektif (essay)


Komponen AKM

Numerasi
Konten
Bilangan
Pengukuran dan Geometri
Data dan Uncertainty
Aljabar

Proses kognitif
Pemahaman
Aplikasi
Penalaran

Konteks
Personal
Sosial kultural
Saintifik

Literasi Membaca
Konten
Teks Informasi
Teks Sastra

Proses kognitif
Menemukan infomasi (Retrieve and Access)
Interpretasi dan integrasi
Evaluasi dan Refleksi

Konteks
Personal
Sosial budaya
Saintifik


Contoh Soal Numerasi





Contoh Soal Literasi Membaca



Selengkapnya unduh file modul Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Demikianlah informasi tentang Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Penilaian bermutu kunci pendidikan bermutu. Silahkan bagikan informasi ini agar lebih bermanfaat.
close