Gaya Belajar Peserta Didik M4 KB3
Modul 4 KB 3 Gaya Belajar Peserta Didik - Peserta didik memiliki gerbang sensorik (visual, auditori, jasmani, dan kinestetik) yang mereka lebih suka gunakan dan mana yang mahir penggunaannya. Bobi de porter (2000) mengemukakan bahwa gaya belajar visual, auditori dan kinestetik.
Dalam kenyatannya, kita semua memiliki ketiga gaya belajar itu; hanya saja biasanya satu gaya mendominasi (Rose dan Nicholl, 1997). Bapak ibu guru setelah Anda memahami tentang hal tersebut, selanjutnya buatlah peserta didik menyadari gaya belajar masing-masing.
Tes berikut akan membantu setiap peserta didik mengidentifikasi gayanya belajarnya. Tandailah kotak yang sesuai untuk setiap pertanyaan. Jumlahkan nilai Anda untuk setiap bagian. Kemudian buatlah grafik dari hasilnya.
Berikut ini merupakan cara yang dapat digunakan untuk membantu peserta didik memanfaatkan preferensi belajar mereka:
Pelajar Visual
Dorong pelajar visual mempunyai banyak simbol dan gambar dalam catatan mereka. Dalam matematika dan ilmu pengetahuan, tabel dan grafik akan memperdalam pemahaman mereka. Peta pikiran dapat menjadi alat yang bagus bagi para pelajar visual belajar terbaik saat mulai dengan “gambaran keseluruhan,” melakukan tinjauan umum mengenai bahan pelajaran akan sangat membantu. Membaca bahan secara sekilas misalnya, memberikan gambaran umum mengenai bahan bacaan sebelum mereka terjun kedalam perinciannya.
Pelajar Auditorial
Para pelajar Auditorial mungkin lebih suka merekam pada kaset dari pada mencatat, karena mereka suka mendengarkan informasi berulang-ulang. Jika mereka kesulitan dengan satu konsep bantulah mereka berbicara dengan diri mereka sendiri untuk memahaminya. Anda dapat membuat fakta panjang yang mudah diingat oleh siwa auditorial dengan mengubahnya menjadi lagu, dengan melodi yang sudah dikenal dengan baik.
Pelajar Kinestetik
Pelajar-pelajar ini menyukai terapan. Lakon pendek dan lucu terbukti dapat membantu. Pelajar kinestetik suka belajar melalui gerakan dan paling baik menghafal informasi dengan mengasosiasikan gerakan dengan setiap fakta. Banyak pelajar kinestetik menjauhkan diri dari bangku, mereka lebih suka duduk di lantai dan menyebarkan pekerjaan di sekeliling mereka.
Modul 4 KB 3 Gaya Belajar Peserta Didik Selengkapnya bisa download disini
Kumpulan modul lainnya:
M1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa
M1 KB 2 Peran dan Manfaat Teknologi
M1 KB 3 Merancang dan Menilai
M2 KB 1 Kompetensi Guru
M2 KB 2 Strategi Profesi
M3 KB 1 Teori Behavioristik
M3 KB 2 Teori Kognitif
M3 KB 3 Teori Konstruktivistik
M3 KB 4 Teori Humanistik
M4 KB 1 Karakteristik Umum
M4 KB 2 Kemampuan Awal
M4 KB 3 Gaya Belajar
M5 KB 1 Model Pembelajaran
M5 KB 2 Media Pembelajaran
M5 KB 3 Pengembangan Bahan Ajar
M5 KB 4 Perencanaan Pembelajaran
M6 KB 1 Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi
M6 KB 2 Penilaian Otentik (Authentic Assessment)
M6 KB 3 Menulis Tes Hasil Belajar
M6 KB 4 Menelaah Tes Hasil Belajar
M1 KB 2 Peran dan Manfaat Teknologi
M1 KB 3 Merancang dan Menilai
M2 KB 1 Kompetensi Guru
M2 KB 2 Strategi Profesi
M3 KB 1 Teori Behavioristik
M3 KB 2 Teori Kognitif
M3 KB 3 Teori Konstruktivistik
M3 KB 4 Teori Humanistik
M4 KB 1 Karakteristik Umum
M4 KB 2 Kemampuan Awal
M4 KB 3 Gaya Belajar
M5 KB 1 Model Pembelajaran
M5 KB 2 Media Pembelajaran
M5 KB 3 Pengembangan Bahan Ajar
M5 KB 4 Perencanaan Pembelajaran
M6 KB 1 Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi
M6 KB 2 Penilaian Otentik (Authentic Assessment)
M6 KB 3 Menulis Tes Hasil Belajar
M6 KB 4 Menelaah Tes Hasil Belajar
Demikianlah informasi tentang Modul 4 KB 3 Gaya Belajar Peserta Didik semoga bermanfaat.