Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Peningkatan Profesionalisme Berkelanjutan M2 KB2

Modul 2 KB 2 Strategi Peningkatan Profesionalisme Berkelanjutan - Tenaga kependidikan meliputi tenaga pendidik, pengelola satuan pendidikan, penilik, pengawas, peneliti, dan pengembang, di bidang pendidikan, pustakawan laboran, teknisi sumber belajar, dan penguji. Tenaga kependidikan dimaksud dapat dikatagorikan menjadi 2 bagian yaitu;

1. Tenaga kependidikan yang terlibat langsung dengan proses pendidikan karena tugas utamanya sebagai pendidik atau mengemban tugas dan berprofesi sebagai pendidik. Tenaga kependidikan ada yang berprofesi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya.

Contohnya; widyaiswara di Balai Latihan Diklat, pamong belajar di Sanggar Kegiatan Belajar dan SMP terbuka, fasilitator pelatihan dimasyarakat, dan sebagainya.

2. Tidak terlibat langsung dalam proses pendidikan namun berpartisipasi mensukseskan penyelenggaraan pendidikan. Termasuk didalamnya adalah;

Strategi Peningkatan Profesionalisme Berkelanjutan M2 KB2

(a) para kepala satuan pendidikan dan wakilnya yang sebenarnya menjalankan peran sebagai edukator disamping bertugas sebagai manajer, inovator, motivator, pemimpin, supervisor, dan mediator. Termasuk di dalamnya para pengawas dan peneliti serta pengembang pendidikan. Contoh; kepala sekolah, wakil kepala sekolah, direktur dan para wakil direktur, rektor dan wakil rektor, dekan dan sebagainya.

(b) Tata usaha yang bertugas pada bidang administrasi baik keuangan, kearsipan, kepegawaian, dan sebagainya. Contohnya; kepala tata usaha sekolah, kepala bagian administrasi, petugas kearsipan, dan sebagainya.

(c) Tenaga Kependidikan lainnya seperti teknolog pembelajaran, laboran, pustakawan, pelatih ekstrakurikuler, penjaga sekolah, tenaga kebersihan, dan sebagainya.

Modul 2 KB 2 Strategi Peningkatan Profesionalisme Berkelanjutan Selengkapnya bisa download disini




Kumpulan modul lainnya:

M1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa

M1 KB 2 Peran dan Manfaat Teknologi

M1 KB 3 Merancang dan Menilai


M2 KB 1 Kompetensi Guru

M2 KB 2 Strategi Profesi


M3 KB 1 Teori Behavioristik

M3 KB 2 Teori Kognitif

M3 KB 3 Teori Konstruktivistik

M3 KB 4 Teori Humanistik


M4 KB 1 Karakteristik Umum

M4 KB 2 Kemampuan Awal

M4 KB 3 Gaya Belajar


M5 KB 1 Model Pembelajaran

M5 KB 2 Media Pembelajaran

M5 KB 3 Pengembangan Bahan Ajar

M5 KB 4 Perencanaan Pembelajaran


M6 KB 1 Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi

M6 KB 2 Penilaian Otentik (Authentic Assessment)

M6 KB 3 Menulis Tes Hasil Belajar

M6 KB 4 Menelaah Tes Hasil Belajar

Demikianlah informasi tentang Modul 2 KB 2 Strategi Peningkatan Profesionalisme Berkelanjutan semoga bermanfaat.