Karakteristik Umum Peserta Didik M4 KB1

Modul 4 KB 1 Karakteristik Umum Peserta Didik - Peserta didik dalam suatu kelas dilihat dari segi gender pada umumnya tidak homogen, bagaimana dengan kelas yang Anda beri pembelajaran? Jika kelas Anda heterogen atau terdiri dari peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan, tentunya memiliki karakter yang berbeda.

Perbedaan karakter laki- laki dan perempuan menurut Barreca, Gina. 21 September 2014. Psychology Today.Com. antara lain:

1) Laki-laki sedikit peduli dengan apa yang perempuan katakan, sedangkan perempuan lebih memperhatikan apa yang dikatakan laki-laki.

2) Laki-laki lebih peduli dengan apa yang dilihat, sedangkan perempuan mencoba untuk peduli dengan apa yang laki-laki lihat.

3) Perempuan akan tersenyum walaupun tidak bahagia, tapi laki-laki tergantung sifat dasarnya.

4). Laki-laki tertawa ketika menemukan sesuatu yang lucu, tapi perempuan tergantung situasi yang tepat. …..”

Lebih lanjut Suprayekti dan Agustyarini (2015: 24) menjelaskan bahwa anak laki-laki dan perempuan pada dasarnya memiliki pesamaan dan perbedaan. Perbedaannya pada fisiologis dan biologis, peran, perilaku, kegiatan dan atribut di masyarakat.

Sedangkan kesamaan peran dalam hak dan kewajiban sesuai dengan adat istiadat, budaya masyarakat. Seperti kesetaraan dalam memperoleh pekerjaan, peningkatan ilmu dan takwa, mencapai cita-cita menjadi guru, dokter, dan lain- lain.

Atas dasar karakteristik yang demikian tentunya akan berimplikasi terhadap pengelolaan kelas, pengelompokan peserta didik, dan pemberian tugas yang dilakukan pendidik. Kelas yang peserta didiknya homogen tentunya tidak sesulit kelas yang peserta didiknya heterogen.

Contoh, Pak Irwan seorang guru yang memiliki kelas dengan peserta didik laki-laki dan perempuan dalam pembentukan kelompok diskusi atau eksperimen terdiri dari peserta didik heterogen dari aspek gender, dipandang efektif untuk peserta didik yang tergolong kanak-kanak, tetapi belum tentu efektif untuk peserta didik yang berada pada fase remaja karena remaja sudah memiliki rasa ketertarikan pada lawan jenis, dan juga kebiasaan kerja laki-laki dan perempuan berbeda.

Pak Irwan ketika memberi tugas tidak semuanya untuk dikerjakan di sekolah tetapi terkadang harus diselesaikan di luar sekolah/kelas.

Kelompok yang peserta didik heterogin juga kadang terdapat kendala, karena laki-laki biasa mengerjakan tugasnya sampai larut malam, tetapi bagi perempuan belum tentu cocok, dan juga aturan keluarga anak wanita pergi sampai malam tidak semuanya mengizinkan dan memahaminya, berbeda dengan peserta didik laki-laki yang pada umumnya orang tuanya mengizinkan putranya belajar di luar rumah sampai malam.

Karakteristik Umum Peserta Didik M4 KB1

Hal-hal tersebut tentunya perlu dipahami oleh seorang pendidik dalam melakukan proses pembelajaran agar pembelajaran yang dilakukannya dapat berjalan efektif. Berikut foto berikut merupakan gambaran situasi kelas dengan peserta didik laki-laki dan perempuan sedang malakukan eksperimen secara kelompok yang anggota terdiri dari laki-laki dan perempuan.





Demikianlah informasi tentang Modul 4 KB 1 Karakteristik Umum Peserta Didik semoga bermanfaat.
MATERI KELAS 7 (BUKA DISINI) - KELAS 8 (BUKA DISINI) - KELAS 9 (BUKA DISINI) - KELAS 10 (BUKA DISINI) - KELAS 11 (BUKA DISINI) - KELAS 12 (BUKA DISINI)
Ramai pengunjung telah membagikan ini,ayo ikutan berbagi. Kllk salah satu icon share dibawah...
Sedang Dibaca...