Merancang dan Menilai M1 KB3

Baca Juga
Modul 1 KB 3 Merancang dan Menilai  - Pembelajaran akan bisa efektif jika guru sebelum memulai pembelajaran dengan mengingatkan kembali kepada siswa pada pengetahuan (materi ajar) yang didapat sebelum inti materi yang akan disajikan. Keberhasilan pembelajaran dikatakan berhasil apabila materi ajar dapat dipahami dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Keaktifan siswa dapat dicapai apabila guru berperan sebagai fasilitator, motivator, dan dinamisator selama proses pembelajaran berlangsung. Guru dapat memanfaatkan tenologi digital dan media online sebagai sumber pembelajaran dalam upaya mengaktifkan siswa.

Tidak kalah pentingnya yaitu menghubungkan materi ajar disesuaikan dengan kehidupan nyata sehari-hari dimana lingkungan sosial siswa berada. Materi ajar yang bersifat konseptual perlu dijelaskan melalui berbagai macam contoh yang dialami siswa. Pengalaman nyata pada kehidupan siswa akan sangat membantu dalam memahami materi ajar yang disamapaikan oleh guru.

Pada abad 21 terjadi perubahan strategi pengajaran yang dilakukan oleh guru dari cara yang tradisional kini mengarah pada pendekatan digital yang dirasa lebih relevan dalam memenuhi kebutuhan siswa. Akan tetapi proses transisi dari lingkungan kelas yang menerapkan cara tradisional ke cara digital sangat bervariasi tergantung pada cara guru dan sekolah yang bersangkutan dalam merespon dan menyikapinya.

Merancang dan Menilai M1 KB3

Prensky mendeskripsikan guru sebagai variabel proses hasil adopsi dan adaptasi teknologi yang bergerak, baik secara cepat atau lambat. Ada empat fase proses adopsi dan adaptasi guru dalam pemebelajaran abad 21 diantaranya: (1) berkecimpung (dabbling),(2) melakukan hal-hal lama dengan cara lama (old things in old ways), (3) melakukan hal-hal lama dengan cara-cara baru (old things in new ways) dan (4) melakukan hal-hal baru dengan cara-cara baru (doing new things in new ways) (Smaldino, S. E., dkk, 2015: 12).

Modul 1 KB 3 Merancang dan Menilai Selengkapnya bisa download disini



Kumpulan modul lainnya:

M1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa

M1 KB 2 Peran dan Manfaat Teknologi

M1 KB 3 Merancang dan Menilai


M2 KB 1 Kompetensi Guru

M2 KB 2 Strategi Profesi


M3 KB 1 Teori Behavioristik

M3 KB 2 Teori Kognitif

M3 KB 3 Teori Konstruktivistik

M3 KB 4 Teori Humanistik


M4 KB 1 Karakteristik Umum

M4 KB 2 Kemampuan Awal

M4 KB 3 Gaya Belajar


M5 KB 1 Model Pembelajaran

M5 KB 2 Media Pembelajaran

M5 KB 3 Pengembangan Bahan Ajar

M5 KB 4 Perencanaan Pembelajaran


M6 KB 1 Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi

M6 KB 2 Penilaian Otentik (Authentic Assessment)

M6 KB 3 Menulis Tes Hasil Belajar

M6 KB 4 Menelaah Tes Hasil Belajar

Demikianlah informasi tentang Modul 1 KB 3 Merancang dan Menilai semoga bermanfaat.
Bagikan Ke Grup Whatsapp
MATERI BELAJAR DISINI...!!!