Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 M1 KB1
Modul 1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 - Dalam pandangan paradigma positivistik masyarakat berkembang secara linier seiring dengan perkembangan peradaban manusia itu sendiri yang ditopang oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Secara berturut-turut masyarakat berkembang dari masyarakat primitif, masyarakat agraris, masyarakat industri, dan kemudian pada perkembangan lanjut menjadi masyarakat informasi. Situasi abad 21 sering kali diidentikan dengan masyarakat informasi tersebut, yang ditandai oleh munculnya fenomena masyarakat digital.
Meneruskan perkembangan masyarakat industri generasi pertama, sekarang ini, abad 21 dan masa mendatang, muncul apa yang disebut sebagai revolusi industri 4.0.
Istilah industri 4.0 pertama kali diperkenalkan pada Hannover Fair 2011 yang ditandai revolusi digital. Revolusi industry gelombang keempat, yang juga disebut industry 4.0, kini telah tiba.
Industry 4.0 adalah tren terbaru teknologi yang sedemikian rupa canggihnya, yang berpengaruh besar terhadap proses produksi pada sektor manufaktur.
Teknologi canggih tersebut termasuk kecerdasan buata (artificial intelligent), perdagangan elektronik, data raksasa, teknologi finansial, ekonomi berbagi, hingga penggunaan robot. Bob Gordon dari Universitas Northwestern, seperti dikutip Paul Krugman (2013), mencatat, sebelumnya telah terjadi tiga revolusi industry.
Pertama, ditemukannya mesin uap dan kereta api (1750-1830). Kedua, penemuan listrik, alat komunikasi, kimia, dan minyak (1870- 1900). Ketiga, penemuan komputer, internet, dan telepon genggam (1960-sampai sekarang).
Versi lain menyatakan, revolusi ketiga dimulai pada 1969 melalui kemunculan teknologi informasi dan komunikasi, serta mesin otomasi (dikutip dari A. Tony Prasentiantono, Kompas 10 April 2018, hal. 1).
Modul 1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 Selengkapnya bisa download disini
Secara berturut-turut masyarakat berkembang dari masyarakat primitif, masyarakat agraris, masyarakat industri, dan kemudian pada perkembangan lanjut menjadi masyarakat informasi. Situasi abad 21 sering kali diidentikan dengan masyarakat informasi tersebut, yang ditandai oleh munculnya fenomena masyarakat digital.
Meneruskan perkembangan masyarakat industri generasi pertama, sekarang ini, abad 21 dan masa mendatang, muncul apa yang disebut sebagai revolusi industri 4.0.
Istilah industri 4.0 pertama kali diperkenalkan pada Hannover Fair 2011 yang ditandai revolusi digital. Revolusi industry gelombang keempat, yang juga disebut industry 4.0, kini telah tiba.
Industry 4.0 adalah tren terbaru teknologi yang sedemikian rupa canggihnya, yang berpengaruh besar terhadap proses produksi pada sektor manufaktur.
Teknologi canggih tersebut termasuk kecerdasan buata (artificial intelligent), perdagangan elektronik, data raksasa, teknologi finansial, ekonomi berbagi, hingga penggunaan robot. Bob Gordon dari Universitas Northwestern, seperti dikutip Paul Krugman (2013), mencatat, sebelumnya telah terjadi tiga revolusi industry.
Pertama, ditemukannya mesin uap dan kereta api (1750-1830). Kedua, penemuan listrik, alat komunikasi, kimia, dan minyak (1870- 1900). Ketiga, penemuan komputer, internet, dan telepon genggam (1960-sampai sekarang).
Versi lain menyatakan, revolusi ketiga dimulai pada 1969 melalui kemunculan teknologi informasi dan komunikasi, serta mesin otomasi (dikutip dari A. Tony Prasentiantono, Kompas 10 April 2018, hal. 1).
Modul 1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 Selengkapnya bisa download disini
Kumpulan modul lainnya:
M1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa
M1 KB 2 Peran dan Manfaat Teknologi
M1 KB 3 Merancang dan Menilai
M2 KB 1 Kompetensi Guru
M2 KB 2 Strategi Profesi
M3 KB 1 Teori Behavioristik
M3 KB 2 Teori Kognitif
M3 KB 3 Teori Konstruktivistik
M3 KB 4 Teori Humanistik
M4 KB 1 Karakteristik Umum
M4 KB 2 Kemampuan Awal
M4 KB 3 Gaya Belajar
M5 KB 1 Model Pembelajaran
M5 KB 2 Media Pembelajaran
M5 KB 3 Pengembangan Bahan Ajar
M5 KB 4 Perencanaan Pembelajaran
M6 KB 1 Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi
M6 KB 2 Penilaian Otentik (Authentic Assessment)
M6 KB 3 Menulis Tes Hasil Belajar
M6 KB 4 Menelaah Tes Hasil Belajar
Demikianlah informasi tentang Modul 1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 semoga bermanfaat.