Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 M1 KB1

Modul 1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 - Dalam pandangan paradigma positivistik masyarakat berkembang secara linier seiring dengan perkembangan peradaban manusia itu sendiri yang ditopang oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Secara berturut-turut masyarakat berkembang dari masyarakat primitif, masyarakat agraris, masyarakat industri, dan kemudian pada perkembangan lanjut menjadi masyarakat informasi. Situasi abad 21 sering kali diidentikan dengan masyarakat informasi tersebut, yang ditandai oleh munculnya fenomena masyarakat digital.

Meneruskan perkembangan masyarakat industri generasi pertama, sekarang ini, abad 21 dan masa mendatang, muncul apa yang disebut sebagai revolusi industri 4.0.

Istilah industri 4.0 pertama kali diperkenalkan pada Hannover Fair 2011 yang ditandai revolusi digital. Revolusi industry gelombang keempat, yang juga disebut industry 4.0, kini telah tiba.

Industry 4.0 adalah tren terbaru teknologi yang sedemikian rupa canggihnya, yang berpengaruh besar terhadap proses produksi pada sektor manufaktur.

Teknologi canggih tersebut termasuk kecerdasan buata (artificial intelligent), perdagangan elektronik, data raksasa, teknologi finansial, ekonomi berbagi, hingga penggunaan robot. Bob Gordon dari Universitas Northwestern, seperti dikutip Paul Krugman (2013), mencatat, sebelumnya telah terjadi tiga revolusi industry.

Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 M1 KB1

Pertama, ditemukannya mesin uap dan kereta api (1750-1830). Kedua, penemuan listrik, alat komunikasi, kimia, dan minyak (1870- 1900). Ketiga, penemuan komputer, internet, dan telepon genggam (1960-sampai sekarang).

Versi lain menyatakan, revolusi ketiga dimulai pada 1969 melalui kemunculan teknologi informasi dan komunikasi, serta mesin otomasi (dikutip dari A. Tony Prasentiantono, Kompas 10 April 2018, hal. 1).

Modul 1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 Selengkapnya bisa download disini



Kumpulan modul lainnya:

M1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa

M1 KB 2 Peran dan Manfaat Teknologi

M1 KB 3 Merancang dan Menilai


M2 KB 1 Kompetensi Guru

M2 KB 2 Strategi Profesi


M3 KB 1 Teori Behavioristik

M3 KB 2 Teori Kognitif

M3 KB 3 Teori Konstruktivistik

M3 KB 4 Teori Humanistik


M4 KB 1 Karakteristik Umum

M4 KB 2 Kemampuan Awal

M4 KB 3 Gaya Belajar


M5 KB 1 Model Pembelajaran

M5 KB 2 Media Pembelajaran

M5 KB 3 Pengembangan Bahan Ajar

M5 KB 4 Perencanaan Pembelajaran


M6 KB 1 Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi

M6 KB 2 Penilaian Otentik (Authentic Assessment)

M6 KB 3 Menulis Tes Hasil Belajar

M6 KB 4 Menelaah Tes Hasil Belajar

Demikianlah informasi tentang Modul 1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 semoga bermanfaat.